Pengaruh gaya kepemimpinan kepala Madrasah terhadap kinerja tenaga pendidik: Penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Negeri se-Kota Bandung

Mutmainah, Melani Alfiani (2023) Pengaruh gaya kepemimpinan kepala Madrasah terhadap kinerja tenaga pendidik: Penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Negeri se-Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (238kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB) | Request a copy

Abstract

Masalah yang terjadi di MIN se-Kota Bandung bahwa kepemimpinan kepala madrasah yang dipengaruhi oleh kecerdasan emosi, dan cara memimpin di madrasah yang terkadang tidak mau diberi masukan dan saran oleh tenaga pendidiknya, ada kalanya kepala madrasah memberikan perintah berdasarkan hal-hal yang sifatnya subjektif atau lebih ditonjolkan yang pribadi. Tenaga pendidik juga sering tidak dapat menerima kebijakan yang dibuat pimpinan karena faktor yang sifatnya pribadi, cenderung berprasangka buruk terhadap kebijakan yang dibuat. Penelitian bertujuan: 1) Untuk mendeskripsikan gaya kepemimpinan di Madrasah Ibtidayah Negeri Se-Kota Bandung; 2) Untuk mendeskripsikan kinerja tenaga pendidik di Madrasah Ibtidayah Negeri Se-Kota Bandung; 3) Untuk menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja tenaga pendidik di Madrasah Ibtidayah Negeri Se-Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif dengan survey/ ex-post facto. Pengumpulan data pada penelitian ini didapatkan melalui kuesioner dengan pengukuran data skala likert. Kemudian teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji instrumen (validitas dan reabilitas), uji normalitas, uji hipotesis (analisis regresi linier sederhana, uji koefisien determinan, uji korelasi dan uji parsial T). Responden penelitian ini adalah tenaga pendidik di MIN se-Kota Bandung sebanyak 55 orang. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa hasil analisis regresi linier sederhana antara Pengaruh Gaya Kepemimpinan Madrasah terhadap Kinerja Tenaga Pendidik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri se-Kota Bandung: Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah di MIN se-Kota Bandung, berdasarkan hasil penelitian dari 55 responden dengan 7 indikator yaitu 1) Pendidik (educator); 2) Manajer (manager); 3) Administrator; 4) Supervisor; 5) Pemimpin (leader); 6) Inovator; dan 7) Motivator. Berada pada kualifikasi tinggi, karena berada pada rentang interval 3,40 – 4,19 dengan nilai rata-rata 3,45. Kinerja Tenaga Pendidik di MIN se-Kota Bandung berdasarkan hasil penelitian dari 55 responden dengan 4 indikator yaitu 1) Karakteristik Individu; 2) Proses; 3) Hasil; dan 4) Kombinasi (Karakteristik Individu, Proses, Hasil) berada pada kategori kualifikasi tinggi, karena berada pada rentang interval 3,40-4,19 dengan nilai rata-rata 3,59. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap Kinerja Tenaga Pendidik dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan mengenai gaya kepemimpinan MIN se-Kota Bandung sebesar 36,0% Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan; Kepala Madrasah; Kinerja Tenaga Pendidik.
Subjects: Social Process > Leadership
Elementary Education > Elementary Education in Indonesia
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Melani Alfiani Mutmainah
Date Deposited: 27 Jun 2023 08:54
Last Modified: 27 Jun 2023 08:54
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/69788

Actions (login required)

View Item View Item