Khoirunisa, Siti Miftahurrohmah (2023) Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) berbantuan aplikasi Desmos untuk meningkatkan penalaran matematis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (391kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (481kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (988kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (511kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (644kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (24kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasi studi pendahuluan di SMA Negeri 1 Baleendah menunjukkan bahwa perlu adanya peningkatan kemampuan penalaran matematis peserta didik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) peningkatan kemampuan penalaran matematis peserta didik yang memperoleh pembelajaran PBI berbantuan aplikasi Desmos, (2) peningkatan kemampuan penalaran matematis peserta didik yang memperoleh pembelajaran konvensional, (3) perbandingan baik atau tidaknya pembelajaran PBI berbantuan aplikasi Desmos dengan pembelajaran konvensional, (4) respon peserta didik mengenai penggunaan aplikasi Desmos melalui pembelajaran PBI dalam peningkatan kemampuan penalaran matematis peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini yaitu 12 kelas dengan sampel 2 kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematis peserta didik yang memperoleh pembelajaran PBI berbantuan aplikasi Desmos berdasarkan analisis N-Gain 0,3201 dengan kriteria sedang; (2) terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematis peserta didik yang memperoleh pembelajaran konvensional berdasarkan analisis N-Gain 0,2494 dengan kriteria rendah; (3) pembelajaran PBI berbantuan aplikasi Desmos lebih baik dari pada pembelajaran konvensional berdasarkan uji Mann-Withney yang diperoleh nilai Sig. adalah 0,000< 0,05; (4) respon peserta didik mengenai penggunaan aplikasi Desmos melalui pembelajaran PBI dalam peningkatan kemampuan penalaran matematis peserta didik berada pada kategori baik dengan rata-rata 64%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Instruction; Desmos; Penalaran Matematis |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods Algebra |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Siti Miftahurrohmah Khoirunisa |
Date Deposited: | 27 Jun 2023 07:41 |
Last Modified: | 27 Jun 2023 07:41 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/69807 |
Actions (login required)
View Item |