Pengaruh kompetensi tenaga kependidikan terhadap pelayanan tata usaha di Madrasah : Penelitian pada Madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kabupaten dan Kota Bandung

Eppendi, Yuliana (2023) Pengaruh kompetensi tenaga kependidikan terhadap pelayanan tata usaha di Madrasah : Penelitian pada Madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kabupaten dan Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (237kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
9_ daftar isi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy

Abstract

Tata usaha merupakan salah satu bagian terpenting dalam sebuah lembaga madrasah, karena didalam dunia tata usaha itu menyediakan berbagai kebutuhan layanan yang menunjang kegiatan madrasah. Dengan kemampuan manajerial, kepala tata usaha bisa mengatur bagaimana cara memanajemen dan menjalankan pelayanan administrasinya itu yang dilakukan oleh para stafnya. Kualitas dari layanan tersebut baik dan efektif dilihat dari sejauh mana kompetensi manajerial kepala tata usaha itu sudah sesuai standar nasional pendidikan yang tertuang dalam Permendiknas No. 24 tahun 2008 dan para pengguna layanan merasa puas dalam layanan tersebut ketika sudah merasakal hal-hal yang tertuang dalam buku (Jasfar, 2005). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Kompetensi Tenaga Kependidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Se-Kabupaten dan Kota Bandung, 2) Pelayanan Tata Usaha di Madrasah Negeri Se-Kabupaten dan Kota Bandung 3) Pengaruh Kompetensi Personalia Terhadap Pelayanan Tata Usaha di Madrasah Tsanawiyah Negeri Se-Kabupaten dan Kota Bandung Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif jenis pembuktian pengujian hipotesis dari hasil penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan ialah menggunakan angket kuisioner. Kemudian teknik analisis data dalam penelitian ini ialah uji instrumen (Validitas dan Reabilitas), uji analisis parsial perindikator, uji prasyarat (normalitas dan linieritas), dan uji korelasi (rank sperman). Berdasarkan hasil pengujian secara statistic, bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan mengenai Kompetensi Tenaga Kependidikan Terhadap Pelayanan Tata Usaha. Hasil perhitungan yang dilakukan diperoleh nilai rata – rata yaitu 4,71 termasuk pada rentang 4,20 – 5,00, maka indicator Kompetensi Personalia dapat dikategorikan Sangat Tinggi. Sedangkan mengenai Pelayanan Tata Usaha diperoleh nilai rata – rata sebesar 4,24 dengan rentang 4,20 – 5,00 maka dapat disimpulkan bahwa indicator Pelayanan Tata Usaha pada kategori Sangat Tinggi. Adapun mengenai Pengaruh Kompetensi Tenaga Kependidikan Terhadap Pelayanan Tata Usaha memiliki nilai 0,08 > 0,05, yang berarti data berdistribusi normal. Pada uji korelasi penelitian ini menggunakan rank sperman, bahwa hasil uji korelasi rank sperman variable X dan variable Y memiliki nilai korelasi koefisien sebesar 0,995 yang artinya tingkat hubungan variable X “ Kompetensi Tenaga Kependidikan “ dan variable Y “ Pelayanan Tata Usaha “ adalah sangat kuat

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Personalia; Staf Tata Usaha; Pelayanan Tata Usaha
Subjects: General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Yuliana Eppendi
Date Deposited: 27 Jun 2023 05:01
Last Modified: 27 Jun 2023 05:01
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/69814

Actions (login required)

View Item View Item