Hubungan sistem informasi manajemen berbasis Website dengan pelayanan informasi perpustakaan: Penelitian di perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Permatasari, Ragita (2023) Hubungan sistem informasi manajemen berbasis Website dengan pelayanan informasi perpustakaan: Penelitian di perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (266kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy

Abstract

Perpustakaan memiliki hubungan yang erat dengan akses pelayanan perpustakaan yang diberikan. Perpustakaan akan dinilai memiliki kualitas yang baik ketika pelayanan yang diberikan dinilai baik. Permasalahan seputar layanan perpustakaan yang terjadi saat ini berkaitan dengan faktor teknologi, perpustakaan yang memiliki image kaku dan kuno serta pelayanan perpustakaan kurang responsif. Website menjadi salah satu inovasi teknologi yang digunakan sebagai sistem informasi, melalui pemanfaatan website informasi dapat diperoleh secara efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan Sistem Informasi Manajemen Berbasis Website di Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung (2) mendeskripsikan Pelayanan Informasi Perpustakaan di Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung (3) menganalisis Hubungan Sistem Informasi Manajemen Berbasis Website Dengan Pelayanan Informasi Perpustakaan di Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode deskriptif analisis korelasional. Pengumpulan data pada penelitian ini didapatkan melalui kuesioner dengan pengukuran data skala likert. Responden penelitian ini adalah mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2019-2022 pengguna aktif perpustakaan sebanyak 100 orang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan (1) sistem informasi manajemen berbasis website di perpustakaan UIN sunan Gunung Djati Bandung dikategorikan sedang yaitu sebesar 3,09 dari hasil pengolahan data (2) pelayanan informasi perpustakaan di perpustakaan UIN sunan Gunung Djati Bandung dikategorikan sedang yaitu 3,01 dari hasil pengolahan data (3) Berdasarkan uji korelasi sebesar 0,000, maka terdapat korelasi antar variabel, selanjutnya berdasarkan nilai pearson correlation sebesar 0,839 maka kriteria korelasi kedua variabel yaitu mempunyai hubungan yang besar atau sangat kuat. Pearson correlation pada analisis ini bernilai positif maka korelasi antar variabel bersifat positif. Sehingga semakin baik sistem informasi manajemen berbasis website maka semakin baik pula pelayanan informasi perpustakaan. Berdasarkan uji koefisien determinasi, diperoleh hasil koefisien determinasi sebesar 0,703 yang bermakna bahwa kontribusi variabel sistem informasi manajemen berbasis website terhadap pelayanan informasi perpustakaan sebesar 70,3%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sistem;Informasi;Manajemen;Website;Pelayanan;Informasi;Perpustakaan
Subjects: Operations, Archieves, Information Centers > Administration and Library Management
General Management > Information Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ragita Permatasari
Date Deposited: 03 Jul 2023 03:57
Last Modified: 03 Jul 2023 03:57
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/69902

Actions (login required)

View Item View Item