Tanggapan siswa terhadap penggunaan teknologi informasi dalam proses pembelajaran di kelas hubungannya dengan prestasi kognitif siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam materi aqidah akhlak sub materi asmaul husna : penelitian di kelas X-4 SMA Negeri 3 Garut

Fardiyanti, Mila (2014) Tanggapan siswa terhadap penggunaan teknologi informasi dalam proses pembelajaran di kelas hubungannya dengan prestasi kognitif siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam materi aqidah akhlak sub materi asmaul husna : penelitian di kelas X-4 SMA Negeri 3 Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (370kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertolak dari fenomena yang terjadi di SMA Negeri 3 Garut. Berdasarkan studi pendahuluan diperoleh informasi bahwa sekolah tersebut termasuk sekolah yang memiliki fasilitas pembelajaran yang cukup lengkap dan telah mempergunakaan alat teknologi informasi pada saat pembelajaran mata pelajaran PAI khususnya materi Aqidah Akhlak dengan sub materi Asmaul Husna dan dilihat dari tanggapan siswa hasilnya adalah baik. Sementara itu terdapat fenomena yang sesuai dengan hasil tersebut, yaitu pada kenyataannya menunjukkan bahwa kelas X-4 yang belajar menggunakan teknologi informasi sangat antusias dalam mengikuti pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui realitas tanggapan siswa terhadap penggunaan teknologi informasi dalam proses pembelajaran, realitas prestasi kognitif siswa pada mata pelajaran PAI dan realitas hubungan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan teknologi informasi dalam proses pembelajaran dengan prestasi kognitif siswa pada mata pelajaran PAI dengan materi Aqidah Akhlak sub materi Asmaul Husna. Penelitian ini bertolak pada kenyataan bahwa penggunaan teknologi informasi dalam proses pembelajaran akan meningkatkan prestasi kognitif siswa dalam belajar. Hipotesis yang diajukan adalah “semakin positif tanggapan siswa terhadap penggunaan teknologi informasi maka semakin meningkat prestasi kognitif siswa dalam mata pelajaran PAI dengan materi Aqidah Akhlak”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode deskriptif yaitu metode yang digunakan untuk memberikan gambaran terhadap sebuah objek yang sesuai dengan kenyataannya di lapangan dan terjadi pada masa sekarang. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik pengumpulan data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif terdiri dari observasi dan dokumentasi sedangkan data kuantitatif menggunakan angket dan test. Dari hasil perhitungan statistik, diketahui tanggapan siswa terhadap penggunaan teknologi informasi dalam proses pembelajaran memiliki rata-rata 3,99 yang berkualifikasi tinggi, karena berada diantara interval 3,40-4,19. Sedangkan prestasi kognitif siswa pada mata pelajaran PAI memiliki rata-rata 4,18 yang berkualifikasi tinggi, karena berada diantara interval 3,40 – 4,19. Nilai koefisisen korelasi sebesar 0,98 angka tersebut berkategori sangat tinggi, karena berada pada interval 0,90 – 1,00 dengan arah korelasi positif. Adapun besarnya pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 80%, artinya teknologi informasi sangat berpengaruh pada prestasi kognitif siswa khususnya pada mata pelajaran PAI materi Aqidah Akhlak sub materi Asmaul Husna.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Teknologi ; Prestasi kognitif; PAI
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mila Mila Fardiyanti mila
Date Deposited: 03 Jul 2023 04:36
Last Modified: 03 Jul 2023 04:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/69907

Actions (login required)

View Item View Item