Nurussobah, Nurussobah (2023) Penerapan metode Fun Learning untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran tematik: Penelitian tindakan kelas di kelas I MI Matlaul Atfal Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (569kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (582kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (589kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (258kB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan merupakan hal yang penting bagi setiap individu terutama untuk anak Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Hal ini dikarenakan pendidikan adalah salah satu faktor yang menunjang kehidupan suatu bangsa. Di dalam menjalankan suatu proses pendidikan diperlukan kurikulum yang relevan dengan potensi yang dimiliki. Namun, sampai sekarang terkhusus di negara Indonesia belum ada kurikulum yang sesuai dengan tantangan zaman. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan di MI Matlaul Atfal yaitu terjadinya penurunan minat yang diakibatkan dari peralihan proses pembelajaran daring ke pembelajaran tatap muka, sehingga minat belajar siswa terhadap Pembelajaran Tematik menjadi rendah. Penerapan metode Fun Learning merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan kurikulum pendidikan di MI Matlaul Atfal, metode tersebut sebagai cara untuk meningkatkan minat belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mendeskripsikan minat belajar siswa kelas I sebelum diterapkan metode Fun Learning pada Pembelajaran Tematik. 2) Mendeskripsikan proses diterapkannya metode Fun Learning di kelas I pada setiap siklus. 3) Mendeskripsikan peningkatan minat belajar siswa pada Pembelajaran Tematik di kelas I. Metode penelitian ini merupakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus dengan menggunakan desain yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc Taggart dengan setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Penelitian ini dilakukan pada kelas I MI Matlaul Atfal yang terdiri dari 17 siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, angket minat belajar, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Minat belajar siswa pada prasiklus masih rendah yaitu dengan nilai rata-rata persentase sebesar 55,51% (rendah) dan terdapat 4 siswa yang memiliki minat rendah serta 13 siswa yang memiliki minat sedang. 2) Penerapan metode Fun Learning pada Pembelajaran Tematik dapat terlaksana dengan baik. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu mendapatkan 94,11% (sangat baik), sedangkan persentase aktivitas siswa sebesar 77,44% (sedang). Pada siklus II persentase aktivitas guru sebesar 100% (sangat baik), sedangkan persentase aktivitas siswa sebesar 93,13% (tinggi). 3) Adanya peningkatan minat belajar siswa dari setiap siklus yaitu terjadi peningkatan dari 55,51% (rendah) pada pra siklus, meningkat pada siklus I menjadi 74,52% (sedang), dan pada siklus II meningkat menjadi sebesar 83,89% (tinggi).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fun Learning; Minat Belajar; Pembelajaran Tematik |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nurussobah Nurussobah |
Date Deposited: | 04 Jul 2023 04:18 |
Last Modified: | 04 Jul 2023 04:18 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/69982 |
Actions (login required)
View Item |