Penerapan model pembelajaran Inquiry Training terhadap hasil belajar siswa pada sub materi sistem pernapasan manusia: Penelitian pada siswa kelas VIII MTs Sirnamiskin Bandung

Alma, Ulya Hanifa (2013) Penerapan model pembelajaran Inquiry Training terhadap hasil belajar siswa pada sub materi sistem pernapasan manusia: Penelitian pada siswa kelas VIII MTs Sirnamiskin Bandung. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (229kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)

Abstract

Peneliatian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa dalam memahami materi IPA khususnya yang berprinsip dari fakta ke teori, seperti saat melakukan praktikum. Bagaimana merumuskan sebuah masalah, mengembangkan hipotesis, mengumpulkan bukti, menguji hipotesis dan menarik kesimpulan, dimana hal-hal tersebut merupakan serangkaian keterampilan proses yang memungkinkan siswa memperoleh pengetahuan serta memahami pengetahuan yang diperoleh untuk selanjutnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Terkadang siswa juga kurang berani dalam mengutarakan pendapat dan dalam tanya jawab kurang berani menjawab pertanyaan yang diberikan guru sehingga menyebabkan pembelajaran terjadi satu arah atau lebih didominasi oleh guru. Melalui model pembelajaran Inquiry Training di sekolah dapat membantu siswa memahami materi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penerapan pembelajaran, mengetahui langkah-langkah evaluasi, dan menganalisis hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Inquiry Training. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-eksperimen dengan desain One-Shot Case Study. Penelitian ini dilakukan di MTs Sirnamiskin pada kelas VIII semester II (genap) tahun ajaran 2012/2013. Sampel diambil sebanyak satu kelas dengan teknik sampling incidental yaitu sebanyak 32 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, lembar kerja siswa, dan tes akhir berupa soal pilihan ganda sebanyak 16 butir soal yang sebelumnya telah diujicobakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan proses pembelajaran pada aktivitas guru di pertemuan ke-1 dan ke-2 adalah 86% dan 90,5% terlaksana sedangkan aktivitas siswa di pertemuan ke-1 dan ke-2 adalah 90% dan 95% terlaksana. Analisis LKS menunjukkan bahwa rata-rata nilai LKS 1 dan LKS 2 memperoleh nilai rata-rata yaitu 69,4 dan 74 masing-masing dengan kategori baik. Hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata 60,56, nilai rata-rata siswa tersebut belum dapat mencapai nilai KKM yang telah ditentukan yaitu 65, dan berdasarkan analisis data menggunakan uji z diperoleh Zhitung >-Ztabel yaitu -4,839 < -1,96 dengan taraf kesalahan 5% adalah 1,96, sehingga H0 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Inquiry Training tidak dapat membantu siswa dalam memahami sub materi sistem pernapasan manusia di MTs Sirnamiskin kelas VIII tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Inquiry Training; Hasil belajar siswa; Sistem pernapasan manusia
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Biology > Statistical Methods of Biology
Human Anatomy, Cytology, Histology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: siswa pkl 2
Date Deposited: 07 Jul 2023 02:15
Last Modified: 07 Jul 2023 02:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70110

Actions (login required)

View Item View Item