Hubungan persepsi siswa terhadap sarana dan prasarana dengan hasil belajar mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI): Penelitian siswa kelas IX di SMPN 46 Kota Bandung

Febriansyah, Riza (2023) Hubungan persepsi siswa terhadap sarana dan prasarana dengan hasil belajar mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI): Penelitian siswa kelas IX di SMPN 46 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (468kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (772kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu faktor keberhasilan program pendidikan adalah tersedianya sarana dan prasarana pendidikan yang memadai disertai pemanfaatan dan pengelolaan secara optimal. Dengan tersedianya fasilitas sarana dan prasarana yang ada di SMPN 46 Kota Bandung, siswa seharusnya memiliki keinginan yang kuat untuk belajar sehingga memperoleh hasil belajar yang baik. Tetapi setelah penulis melaksanakan penelitian dan berjumpa langsung dengan para tenaga pendidik khusunya guru PAI, masih ada siswa yang memiliki hasil belajar yang kurang baik khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Oleh karena itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang hubungan sarana dan prasarana dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pendapat siswa mengenai sarana dan prasarana di SMPN 46 Bandung, 2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), 3) hubungan antara persepsi siswa terhadap sarana dan prasarana dengan hasil belajar mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini memiliki pemikiran bahwa jika menginginkan pendidikan yang berkualitas, maka komponen pendukung seperti sarana dan prasarana pembelajaran tidak dapat diabaikan. Dari penjelasan tersebut, hipotesis yang dihasilkan adalah semakin baik fasilitas sarana dan prasarana yang ada disekolah, maka semakin baik juga hasil belajar yang diperoleh siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), dan begitu juga sebaliknya. Jenis penelitian yang dipakai oleh penulis yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Adapun teknik pengumpulan data yaitu observasi partisipasi pasif, angket atau kuesioner, dokumentasi, dan hasil tes. Hasil penelitian yang diperoleh: 1) Realitas persepsi siswa terhadap sarana dan prasarana adalah baik, hal ini dikarenakan nilai rata-rata skor berjumlah (4,07). 2) Realitas hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam memiliki kategori sangat baik, karena berada pada skor (82,61). 3) realitas hubungan persepsi siswa terhadap sarana dan prasarana dengan hasil belajar mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Di peroleh nilai korelasi sebesar 0,848 yang artinya memiliki hubungan yang sangat tinggi, serta memiliki hubungan yang positif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Siswa; Sarana Prasarana; Hasil Belajar
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Riza Febriansyah
Date Deposited: 06 Jul 2023 05:18
Last Modified: 06 Jul 2023 05:18
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70120

Actions (login required)

View Item View Item