Manajemen konflik kepala madrasah hubungannya dengan kinerja guru: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Bandung

Sengadji, Putri Meilani (2023) Manajemen konflik kepala madrasah hubungannya dengan kinerja guru: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy

Abstract

Kinerja guru saat ini di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Bandung masih belum optimal dan kurangnya kualitas guru yang disebabkan oleh adanya perbedaan pendapat, kesalah pahaman, Komunikasi yang kurang baik, perbedaan pangkat yang menjadi konflik antar guru sehingga tidak menutup kemungkinan adanya persaingan atau bentrokan sehingga menjadi masalah yang menimbulkan konflik dan konflik itu menghambat madrasah dalam mencapai tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui bagaimana manajemen konflik kepala madrasah di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Bandung, (2) Untuk mengetahui bagaimana kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Bandung, (3) Untuk mengetahui bagaimana hubungan manajemen konflik kepala madrasah dengan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode korelasi. Data pada penelitian ini diperoleh melalui hasil penyebaran kuesioner dengan menggunakan model skala likert yang terdiri dari empat alternatif pilihan jawaban yang diberikan kepada 85 responden. Teknik analisis data pada penelitian ini berupa uji instrumen (validitas dan reliabilitas), uji analisis statistik, uji hipotesis (uji korelasi rank spearman), serta uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Manajemen konflik kepala madrasah di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Bandung, termasuk ke dalam kategori sedang yaitu sebesar 3,46 dari hasil pengolahan data 85 responden; (2) kinerja guru di madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Bandung, termasuk ke dalam kategori sedang yaitu sebesar 3,45 dari hasil pengolahan data 85 responden; (3) Berdasarkan hasil perhitungan korelasi antara variable X dan variable Y, maka diperoleh angka koefisien korelasi sebesar 0,750, termasuk kategori koefesien 0,51-0,75 artinya terdapat hubungan yang besar atau kuat. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara manajemen konflik kepala madrasah dengan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Bandung. Hasil dari perhitungan uji korelasi bahwa signifikansi manajemen konflik kepala madrasah dengan kinerja guru diperoleh 0,000 < 0,05. Hasil perhitungan uji korelasi bernilai positif yang berarti jika manajemen konflik kepala madrasah semakin ditingkatkan maka kinerja guru juga meningkat. Kemudian dari hasil uji koefisiensi determinasi diperoleh (R square) sebesar 0,531 yang berarti bahwa variabel manajemen konflik kepala madrasah dengan kinerja guru memiliki kontribusi sebesar 53,1%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konflik; Kinerja; Guru
Subjects: General Management > Education, Research of Management
General Management > Negotiation, Conflict, Crisis Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: putri meilani sengadji sengadji
Date Deposited: 06 Jul 2023 05:45
Last Modified: 06 Jul 2023 05:45
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70174

Actions (login required)

View Item View Item