Penggunaan Online Shop dikalangan masyarakat perdesaan : Penelitian pada masyarakat Desa Bantarjaya Kecamatan Pebayuran Kabupaten Bekasi

Destiani, Putri (2023) Penggunaan Online Shop dikalangan masyarakat perdesaan : Penelitian pada masyarakat Desa Bantarjaya Kecamatan Pebayuran Kabupaten Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
Cover.docx-1.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak (2)....pdf

Download (648kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.......pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I (2)....pdf

Download (430kB) | Preview
[img] Text
BAB 2... (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3....pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4....pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.....pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA....pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh perubahan teknologi informasi dan komunikasi yang telah membawa masyarakat kepada perubahan yang cukup besar dan berlangsung secara cepat. Salah satu hasil dari perubahan itu adalah munculnya elektronic commerce atau platform jual beli online yang digunakan oleh masyarakat. E-commerce atau pasar online ini memberikan tawaran berbelanja bisa dengan menggunakan media smartphone yang telah terhubung dengan jaringan internet. Hal tersebut membuat masyarakat beralih untuk membeli barang secara online di pasar digital ini. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana dampak pengunaan e-commerce terhadap perilaku belanja masyarakat di desa Bantarjaya Kecamatan Pebayuran Kabupaten Bekasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori konsumsi yang dikemukakan oleh Jean Baudrillard. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber primer yaitu tujuh orang warga desa Bantarjaya, enam orang perempuan dan satu orang laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dengan wawancara mendalam, observasi, dan kajian pustaka. Teknik analisis data didapat dari lapangan pada warga desa Bantarjaya, dilakukan pengumpulan data, pengolahan data, penyajian data dan kesimpulan data. Hasil yang ditemukan dilapangan yaitu perwakilan dari keseluruhan warga desa Bantarjaya menggunakan online shop sebagai tempat berbelanja. Simpulan yang didapatkan dari penelitian ini yaitu karena adanya beberapa faktor pendukung seperti jaringan internet yang memadai, ketersediannya alat berupa smartphone dan juga adanya dana. Selain itu juga ada dampak positif dan negatif penggunaan online shop, dampak positif yanng ditimbulkan adalah memudahkan masyarakat untuk berbelanja dan dampak negatifnya adalah sering terjadi penipuan yang dilakukan oleh orang tak bertanggung jawab.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Online Shop; Masyarakat Konsumsi; Perilaku Belanja
Subjects: Social Process
Social Process > Social Change
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Qintannajmia elvinaro
Date Deposited: 06 Jul 2023 02:32
Last Modified: 06 Jul 2023 02:32
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70180

Actions (login required)

View Item View Item