Pelaksanaan perlindungan hukum terhadap konsumen pengguna transportasi Skuter Listrik (Grabwheels) berdasarkan Undang - Undang nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen

Naufal, Kevin (2023) Pelaksanaan perlindungan hukum terhadap konsumen pengguna transportasi Skuter Listrik (Grabwheels) berdasarkan Undang - Undang nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy

Abstract

Perlindungan hukum terhadap konsumen merupakan bagian terpenting dari hadirnya Undang-Undang No 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan konsumen yang bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada konsumen, salah satu bagian yang diperhatikan adalah pencantuman SOP penggunaan transportasi skuter listrik (Grabwheels), hal ini selaras dengan apa yang dimaksud dalam Pasal 4 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dimana pelaku usaha wajib memberikan kenyamanan,keamanan dan keselamatan, yang kemudian hal ini yang menjadi hak dari konsumen. Namun hal tersebut kurang diperhatikan, baik oleh pelaku usaha maupun konsumen itu sendiri. Padahal pemberian informasi tentang SOP pengunaan transportasi skuter listrik (Grabwheels) menjadi penting mengingat ini merupakan bagian dari upaya menjaga hak konsumen yang perlu diperhatikan dan menjadi bagian dari perlindungan konsumen itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mengetahui perlindungan hukum terhadap konsumen pengguna transportasi skuter listrik (Grabwheels); 2) Untuk mengetahui akibat hukum bagi para pihak dalam pengguna transportasi skuter listrik (Grabwheels); 3) untuk mengetahui kendala-kendala hukum dan upaya-upaya hukum dalam pengguna transportasi skuter listrik (Grabwheels). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis, metode pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan metode yuridis normative. Metode analisis data yang digunakan adalah metode kualitatif. Peneltian ini terdiri dari sumber data primer,sekunder dan tersier. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah melalui obsevasi, studi kepustakaan, dan wawancara. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori Negligence dan Perlindungan hukum terhadap konsumen. Menurut Soerjono Soekanto, inti dari arti Negligence adalah kegagalan dalam melakukan tindakan pencegahan yang wajar untuk menghindari cedera atau kerugian pada orang lain yang memiliki arti kelalaian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perlindungan hukum yang diberikan dengan menggunakan Undang-Undang Nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen serta Peraturan Menteri Perhubungan No.45 tahun 2020 tentang kendaraan tertentu dengan menggunakan penggerak motor listrik. Kendala hukum yang dihadapi konsumen diantaranya; Perlindungan hukum yang kurang efektif, sarana dan prasarana yang terbatas, kerap terjadi kelalaian pemenuhan hak oleh pihak pelaku usaha. Adapun akibat hukum bagi pelaku usaha yang tidak menyampaikan informasi tentang SOP pengunaan transportasi skuter listrik (Grabwheels), kendala hukum dan upaya hukum yang dapat diajukan oleh konsumen dapat dilakukan dengan dua cara yaitu: litigasi dan non litigasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum Konsumen; SOP
Subjects: Constitutional and Administrative Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Kevin Naufal
Date Deposited: 06 Jul 2023 02:49
Last Modified: 06 Jul 2023 02:49
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70183

Actions (login required)

View Item View Item