Peningkatan kemampuan berpikir komputasi dan Self Efficacy siswa menggunakan model pembelajaran Brainstorming berbasis Scilab

Nopianto, Sandi Muhammad (2023) Peningkatan kemampuan berpikir komputasi dan Self Efficacy siswa menggunakan model pembelajaran Brainstorming berbasis Scilab. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (258kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (820kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan Berpikir Komputasi dan Self efficacy merupakan salah satu faktor penting yang harus dimiliki siswa dalam memahami matematika. Karena itu pembelajaran Brainstorming Berbasis Scilab menjadi solusi untuk mencapai hal tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu: (a) Apakah peningkatan kemampuan berpikir komputasi siswa menggunakan model pembelajaran brainstorming berbasis scilab lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menerima pembelajaran konvensional, (b) sikap Self efficacy setelah siswa memperoleh pembelajaran brainstorming berbasis scilab dan konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan The Nonequivalent Pretest-Postest Control Group Design. Instrumen yang digunakan berupa tes dan non tes. Hasil penelitian ini yaitu: (a) Peningkatan kemampuan berpikir komputasi siswa dengan pembelajaran brainstorming berbasis scilab lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional terlihat di bagian peningkatan N-Gain dari kedua kelas, (b) Sikap Self efficacy siswa baik yang mendapatkan model pembelajaran brainstorming berbasis scilab maupun konvensional menunjukan sikap yang positif. dari segi presentase sikap Self efficacy siswa kelas pembelajaran Brainstorming berbasis scilab lebih unggul dari kelas konvensional. Implikasi penelitian ini yaitu dalam pembelajaran Brainstorming berbasis scilab dapat meningkatkan kemampuan berpikir komputasi dan Self efficacy siswa sehingga dapat menyelesaikan permasalahan matematika ditinjau dari kemampuan berpikir komputasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Komputasi; self efficcay; brainstorming berbasis scilab;
Subjects: Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics
Mathematics > General Publications of Mathematics
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Mathematics > Mathematicians
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Sandi Muhammad Nopianto
Date Deposited: 06 Jul 2023 02:33
Last Modified: 06 Jul 2023 02:33
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70223

Actions (login required)

View Item View Item