Pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbantu media Edpuzzle terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan

Deliano, Putri Zahra (2023) Pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbantu media Edpuzzle terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (261kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model Think Pair Share berbantu media Edpuzzle pada materi Sistem Pernapasan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent group design. Sampel penelitian dipilih melalui teknik purposive sampling dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen (XI MIPA 3) dan kelas kontrol (XI MIPA 2). Instrumen yang digunakan diantaranya lembar observasi guru dan siswa, seperangkat tes hasil belajar, dan angket kesulitan siswa. Data hasil penelitian keterlaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran Think Pair Share berbantu media Edpuzzle pada aktivitas guru mendapatkan rata-rata skor 88% dan aktivitas siswa mendapat 91% dengan kriteria telaksana sangat baik. Peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Think Pair Share berbantu media Edpuzzle memperoleh nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,45 dengan kriteria sedang. Hasil perhitungan dengan uji hipotesis dengan uji Man Whitney menunjukkan nilai Sig 0,04 < 0,05, maka Ha diterima, artinya terdapat perbedaan signifikan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini menunjukkan model pembelajaran Think Pair Share berbantu media Edpuzzle berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Hal tersebut didukung oleh respon kesulitan siswa pada penerapan model pembelajaran Think Pair Share berbantu media Edpuzzle menunjukkan rata-rata skor 73,5% dengan kriteria kesulitan belajar sangat mudah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Edpuzzle;Hasil Belajar;Think Pair Share;Sistem Pernapasan
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Putri Zahra Deliano
Date Deposited: 06 Jul 2023 08:11
Last Modified: 06 Jul 2023 08:11
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70276

Actions (login required)

View Item View Item