Analisis nilai-nilai Tasawuf dalam novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy dan manfaatnya sebagai pembangun jiwa

Permana, Rahmat Bayu (2022) Analisis nilai-nilai Tasawuf dalam novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy dan manfaatnya sebagai pembangun jiwa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (491kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (952kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh salah satu yang menjadi produk dari sebuah karya sastra yaitu novel. Dimana dalam sebuah karya sastra yang disebut novel ini terdapat gagasan, pemikiran, pemahaman, dan juga sudut pandang atau persepsi seorang penulis dengan gambaran dari hasil pemikiran dan pengalaman yang dibungkus melalui rangkaian sebuah kata yang dapat dengan mudah dimengerti karena menarik dan sederhana namun juga logic. Tidak jarang dengan hanya membaca sebuah novel, pembaca bisa mendapatkan pengetahuan yang cukup luas, baik berupa keilmuan, gambaran suatu tempat, sikap, sifat, dan lain sebagainya. Terutama mengetahui suatu nilai-nilai penting dalam sebuah buku novel yang bisa bermanfaat bagi kehidupan, juga dengan membaca novel seseorang seringkali terhanyut dalam bacaannya sehingga tercipta suasana hati yang dapat menggetarkan jiwa. Tujuan daripada penelitian ini ialah untuk memperoleh pengetahuan tentang nilai-nilai tasawuf yang terkandung dalam buku novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy, serta untuk menjelaskan nilai-nilai tasawuf dalam buku novel Bumi Cinta yang di tulis oleh Habiburrahman El Shirazy dan manfaatnya sebagai pembangun jiwa. Metode dan pendekatan yang di gunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, juga menggunakan penelitian (library research), penelitian ini adalah kepustakaan sebagai landasannya, seperti buku ilmiah, skripsi,jurnal-jurnal, tesis, beserta dokumen lainnya yang dapat mendukung berjalannya penelitian.Sedangkan pada pengumpulan data yang di teliti ini menggunakan deskriptif filosofis yang mana peneliti memberikan penjelasan dari sebuah kejadian, objek dari segala jenis kebiasaan, kondisi,dan tingkah laku tertentu yang akan dianalisis dan diteliti dengan cara yang lebih kritis. Sedangkan objek material dalam penelitian ini adalah sebuah buku novel Bumi Cinta dan objek formalnya tidak lain adalah buku yang membahas mengenai ilmu tasawuf.Hasil dari pada penelitian ini, bahwa novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy mengandung nilai-niali tasawuf, diantaranya yang pertama nilai-nilai ilahiyah (KeTuhanan) yang terdiri dari Al-khouf (takut kepada Allah), taat kepada Allah, syukur, Husnudzon (Berprasangka Baik), Taubat, Memelihara Kesucian Diri. Kedua, Nilai-nilai Insaniyah (Kemanusiaan) yang terdiri dari Ta’awun (tolong menolong), Toleransi, Tawadu’ (rendah hati). Kedua terdapat manfaat sebagai pembangun jiwa melalui nilai ilahiyah dan nilai insaniyah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Novel ; Nilai-nilai Tasawuf; Habiburrahman El Shirazy; Jiwa
Subjects: Psychology
Islam > Sufism
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Rahmat Bayu Permana
Date Deposited: 21 Jul 2023 05:11
Last Modified: 21 Jul 2023 05:11
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70330

Actions (login required)

View Item View Item