Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap praktik Affiliate Marketing dalam Tokopedia Affiliate Program

Rizki, Asep (2023) Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap praktik Affiliate Marketing dalam Tokopedia Affiliate Program. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (516kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy

Abstract

Pemanfaatan kemajuan internet membuat akses peluang bisnis jauh lebih mudah dan cepat. Salah satu model bisnis online yang sedang berkembang saat ini adalah affiliate marketing pada Aplikasi Tokopedia yaitu Tokopedia Affiliate Program. Tetapi, pada praktiknya Tokopedia Affiliate menimbulkan pertanyaan mengenai kebolehan perubahan komisi dari program afiliasi dalam Islam. Oleh karena itu, diperlukan pengkajian mendalam mengenai Tokopedia Affiliate Program yang ditinjau dari hukum ekonomi syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme praktik Tokopedia Affiliate Program pada marketplaces Tokopedia dan untuk mengetahui tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap praktik Affiliate marketing dalam Tokopedia Affiliate Program serta tindakan secara sepihak dalam isi perjanjian bisnis online Affiliate marketing pada Tokopedia Affiliate Program. Kerangka berfikir dalam penelitian ini seputar akad dalam perjanjian yang merupakan hal substansial dalam pelaksanaan praktik bisnis affiliate marketing yang dibuat antara pihak Tokopedia dan affiliate partner dengan menggunakan konsep akad ju’alah dimana mekanisme pengupahan ditinjau berdasarkan hasil dari pekerjaan yang dicapai oleh seorang affiliate partner. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif analisis dengan pendekatan yuridis normatif dan jenis data kualitatif dengan sumber data primer yang diperoleh melalui teknik pengumpulan data observasi dalam aplikasi Tokopedia serta wawancara kepada affiliate partner Tokopedia. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh melalui teknik pengumpulan data dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa mekanisme Tokopedia Affiliate Program dapat dimulai dari para pihak mendaftarkan diri sebagai affiliate Partner dalam Aplikasi Tokopedia dengan memahami syarat dan ketentuan Tokopedia Affiliate, melakukan perjanjian kerja sama affiliate partner dengan pihak Tokopedia. Para Affiliate Partner dapat memulai mempromosikan produk-produk Tokopedia melalui link afiliasi yang dapat dibagikan di berbagai media sosial hingga terjadi penjualan produk dari link tersebut. Berdasarkan tinjauan hukum ekonomi syariah, Praktik bisnis affiliate marketing dikategorikan sebagai ju’alah dimana terdapat janji pemberian komisi kepada pihak lain atas pekerjaan yang telah selesai dikerjakan. Akan tetapi, kewenangan Tokopedia mengubah besaran komisi affiliate partner sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya itu tidak diperbolehkan karena tindakan tersebut merupakan tindakan sepihak yang merugikan pihak lain dalam perjanjian dan melanggar prinsip keadilan dalam perjanjian serta terkait perubahan komisi yang tidak sesuai dengan ketentuan dalam akad ju’alah. Hal ini berdasarkan pendapat mazhab Imam Syafii dan Hanafi bahwa penambahan dan pengurangan jumlah imbalan atau komisi (al-ju’il) dalam akad ju’alah tidak diperbolehkan oleh ja’il ketika ‘amil belum selesai dalam melakukan ikhtiarnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Affiliate Marketing; Tokopedia; Ju’alah
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
General Management > General Publications of Marketing
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Asep Rizki
Date Deposited: 07 Jul 2023 02:32
Last Modified: 07 Jul 2023 02:32
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70367

Actions (login required)

View Item View Item