Penerapan konseling melalui pendekatan Spiritual dalam mengatasi kecemasan pada Fase Quarter Life Crisis : Penelitian di Unit Layanan Psikologi Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Jl. Soekarno-Hatta Cimencrang, Gedebage, Kota Bandung

Anggraeni, Riri (2023) Penerapan konseling melalui pendekatan Spiritual dalam mengatasi kecemasan pada Fase Quarter Life Crisis : Penelitian di Unit Layanan Psikologi Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Jl. Soekarno-Hatta Cimencrang, Gedebage, Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB) | Request a copy
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy

Abstract

Masa dewasa awal merupakan masa transisi dari masa remaja menuju masa dewasa. Pada masa ini individu dihadapkan dengan berbagai tuntutan namun dirinya merasa belum siap. Salah satu hambatan yang dirasakan oleh individu masa dewasa awal ini yaitu kecemasan. Kecemasan dan berbagai permasalahan lainnya yang muncul disebut sebagai Quarter Life Crisis. Untuk mengatasi kasus kecemasan tersebut maka salah satunya dengan menggunakan konseling spiritual. Tujuan penelitian itu yaitu untuk mengetahui karakteristik kecemasan klien yang berada pada fase QLC di ULP UIN Bandung, mengetahui implementasi konseling spiritual dalam mengatasi kecemasan, serta mengetahui efektivitas pelaksanaan konseling spiritual. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori konseling spiritual, kecemasan, dan quarter life crisis. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Deskriptif kualtitatif adalah istilah yang digunakan dalam penelitian kualitatif dengan menggunakan sebuah kajian yang sifatnya deskriptif, yang mana metode penelitian ini sering digunakan dalam meneliti permasalahan sosial, yang salah satu penelitian sosial itu berkaitan dengan penelitian mengenai bimbingan dan konseling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu berupa wawancara, observasi, dan catatan lapangan. Wawancara dilakukan kepada psikolog/konselor Unit Layanan Psikologi (ULP). Observasi yang dilakukan meliputi tiga aspek yaitu man, place, dan program. Catatan lapangan berisi data hasil observasi dan wawancara yang didokumentasikan berupa data verbatim dalam bentuk uraian maupun kutipan langsung. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa karakteristik kecemasan yang dirasakan oleh individu yang berada pada fase quarter life crisis yaitu berjenis wajar, sedang, dan gangguan. Implementasi konseling melalui pendekatan spiritual terdiri dari empat tahap yaitu: membangun hubungan, identifikasi dan konseptualisasi kasus, intervensi konseling, dan evaluasi konseling. Efektivitas dari konseling dengan pendekatan tersebut dapat mengatasi kecemasan pada fase quarter life crisis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konseling Spiritual; Kecemasan; Quarter Life Crisis (QLC); Unit Layanan Psikologi (ULP);
Subjects: Social Welfare, Problems and Services > Services of Mental Illness
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Human Physiology > Adult Development and Maturity
Diseases > Mental Disorders
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Riri Anggraeni
Date Deposited: 10 Jul 2023 01:29
Last Modified: 10 Jul 2023 01:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70413

Actions (login required)

View Item View Item