Pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha : Studi asosiatif pada remaja RT 01/RW 04 Lingkungan Sentra Binong Jati

Zahara, Vina Mutiara (2023) Pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha : Studi asosiatif pada remaja RT 01/RW 04 Lingkungan Sentra Binong Jati. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (213kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy

Abstract

Keluarga merupakan madrasah pertama bagi anak. Dalam masa pertumbuhan anak akan banyak mengenal banyak pembelajaran serta pengalaman. Pengalaman positif yang diberikan oleh keluarga khususnya orang tua akan memberikan ketertarikan pada anak untuk dipelajari lebih lanjut. Orang tua memiliki peran penting dalam mendidik dan menentukan masa depan, salah satunya dalam bidang pekerjaan. Orang tua dengan profesi wirausaha cenderung akan memberikan pembelajaran secara langsung kepada anak, sehingga dapat menimbulkan rasa ketertarikan dan rasa minat anak untuk mengikuti jejak orang tuanya sebagai wirausaha. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kondisi lingkungan keluarga pada remaja RT 01, minat dalam berwirausaha pada remaja RT 01, serta melihat adanya pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha di RT 01 Lingkungan Sentra Binong Jati. Pada penelitian ini, Peneliti menggunakan Teori Sosiologi B.F Skinner. Teori tersebut menjelaskan mengenai adanya pemberi stimulus dari luar yang dapat mempengaruhi perilaku seseorang. Pemberian stimulus pada penelitian ini berasal dari lingkungan keluarga yang dapat memberikan pengaruh kepada minat berwirausaha seseorang. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan data melalui angket atau kuisioner. Pengambilan sampel melalui sampel acak sederhana. Populasi sebanyak 109 dengan kriteria tertentu dan menghasilkan 53 responden. Teknik pengolahan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu korelasi product moment Pearson, regresi linier sederhana, uji t, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa adanya hubungan antara lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha. Berdasarkan hasil pemelitian diperoleh nilai koefesien korelasi antara X dan Y didapat nilai korelasi (r) sebesar 0,612 ini menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara variabel X terhadap Y dengan persamaan regresi linier sederhana yaitu Ŷ = 22,470 + 0,820X dengan signifikansi 0,000. Pengujian menggunakan tingkat signifikasi 0.10 dan 2 sisi (α = 10%). Berdasarkan output program SPSS 26, maka didapat nilai thitung sebesar 5,687. Tabel distribusi t dicari pada tabel statistik pada signfikansi 0,10 dengan derajat kebebasan df = n-2 = 51. Hasil yang diperlibatkan pada ttabel sebesar 1,675. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan sebesar 0,000, jika tingkat kesalahan yang digunakan adalah 0,10 atau (10%) maka nilai tersebut 0,000 < 0,010 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Nilai koefisien determinasi menunjukkan bahwa ada pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha sebesar 37% sedangkan sisanya sebesar 63% dipengaruhi oleh variabel di luar dari penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Keluarga; Minat Berwirausaha
Subjects: Applied Psychology > Interpersonal Relations with Family Members
Social Process > Social Control
Factors Affecting Social Behaviour
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Vina Mutiara Zahara
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:06
Last Modified: 10 Jul 2023 03:06
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70419

Actions (login required)

View Item View Item