Pengaruh pembelajaran sentra terhadap perkembangan kognitif Anak Usia Dini di kelompok B RA Az-Zahra

Darojatunnisa, Irfa (2023) Pengaruh pembelajaran sentra terhadap perkembangan kognitif Anak Usia Dini di kelompok B RA Az-Zahra. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (719kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)

Abstract

INDONESIA : Penelitian ini dilatar belakangi oleh kasus kurangnya perkembangan kognitif anak usia dini, salah satu yang terjadi adalah kesulitan dalam mengenal benda halus dan benda kasar serta mengurutkan benda dari yang kecil ke besar. hal tersebut faktor yang mempengaruhi disebabkan oleh kurang tepatnya dalam penyampaian materi, pembelajaran yang monoton serta anak belajar hanya menggunakan media majalah/LKA, buku tulis dan buku gambar. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui (1) Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Sentra; (2) Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Area; (3) Perbedaan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini antara Pembelajaran Sentra dan Pembelajaran Area. Penelitian ini didasari oleh pemikiran bahwa penggunaan media pembelajaran dapat membantu dalam proses pembelajaran. Hal ini membuat peserta didik dapat bergerak, bereksperimen, berimajinasi, dan tidak mudah bosan dalam mengikuti pembelajaran juga peserta didik dapat memecahkan masalah secara sederhana, dapat berpikir logis, dan berpikir secara simbolik untuk minatnya. Adapun penggunaan media pembelajaran dalam penelitian adalah metode pembelajaran sentra. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Quasi Eksperimen non equivalent control group design , jenis penelitian yang digunakan data kuantitatif. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah peserta didik Kelompok B dengan jumlah 16 orang, kelompok kontrol terdapat 8 orang anak dan kelompok eksperimen terdapat 8 orang anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan unjuk kerja dengan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji validitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa perkembangan kognitif anak usia dini terhadap pembelajaran sentra pada Kelompok B RA Az-Zahra Rancaekek Bandung memperoleh hasil nilai rata-rata pada kelompok eksperimen saat pretest sebesar 59 dan berkualifikasi kurang, saat posttest sebesar 80 dan berkualifikasi sangat baik. Sedangkan nilai rata-rata pada kelompok kontrol saat pretest sebesar 44 dan berkualifikasi gagal, saat posttest sebesar 54 dan berkualifikasi kurang. Hasil uji t menghasilkan t hitung = 14,467 lebih besar dari t tabel = 2,144 yang menyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, dengan demikian, terdapat pengaruh yang signifikan dalam pembelajaran sentra terhadap perkembangan kognitif anak usia dini di Kelompok B RA Az-Zahra Rancaekek Bandung. ENGLISH : This research is motivated by the case of a lack of cognitive development of early childhood, one of which occurs is difficulty in recognizing fine objects and rough objects and sorting objects from small to large. these influencing factors are caused by inaccurate delivery of material, monotonous learning and children learning only using magazine / LKA media, notebooks and picture books. The purpose of this study, to determine (1) Early Childhood Cognitive Development through Center Learning; (2) Early Childhood Cognitive Development through Area Learning; (3) Differences in Early Childhood Cognitive Development between Center Learning and Area Learning. This research is based on the idea that the use of learning media can help in the learning process. This makes learners able to move, experiment, imagine, and not easily bored in participating in learning as well as learners can solve problems simply, can think logically, and think symbolically for their interests. The use of learning media in research is the center learning method. The method used in the research is Quasi Experiment non equivalent control group design, the type of research used quantitative data. The population and samples used in the study were Group B students with a total of 16 people, the control group had 8 children and the experimental group had 8 children. Data collection techniques using observation and performance with data analysis techniques using normality tests, validity tests, and hypothesis tests. The results showed that early childhood cognitive development towards center learning in Group B RA Az-Zahra Rancaekek Bandung obtained the average value in the experimental group at pretest of 59 and qualified less, at posttest of 80 and qualified very well. While the average value in the control group when the pretest was 44 and qualified as a failure, when the posttest was 54 and qualified as less. The t test results produced t count = 14.467 greater than t table = 2.144 which states that Ha is accepted and Ho is rejected, thus, there is a significant influence in center learning on cognitive development of early childhood in Group B RA Az-Zahra Rancaekek Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini; Anak Usia 4-5 Tahun; Pembelajaran Sentra
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Human Physiology
Human Physiology > Child Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: irfa darojatun nisa
Date Deposited: 20 Jul 2023 00:57
Last Modified: 20 Jul 2023 00:57
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70470

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item