Pelaksanaan bisnis Multi Level Marketing di Tiens Syariah Sukabumi ditinjau dari fatwa DSN-MUI no: 75/DSN-MUI/VII/2009 tentang pedoman Penjualan Langsung Berjenjang Syariah (PLBS)

Satria, Wildan Teguh (2023) Pelaksanaan bisnis Multi Level Marketing di Tiens Syariah Sukabumi ditinjau dari fatwa DSN-MUI no: 75/DSN-MUI/VII/2009 tentang pedoman Penjualan Langsung Berjenjang Syariah (PLBS). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (924kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (869kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy

Abstract

Bisnis multi level marketing adalah metode penjualan barang maupun jasa yang dilakukan secara langsung kepada setiap target marketnya dengan pola sistem pemasaran berjenjang atau bertingkat. Bisnis multi level marketing syariah telah diatur dalam Fatwa DSN-MUI No: 75/DSN-MUI/VII/2009 tentang Pedoman Penjualan Langsung Berjenjang Syariah (PLBS) dengan tujuan agar semua perusahaan yang menjalankan bisnis multi level marketing dapat menjalankan kegiatan usaha sesuai dengan ketentuan syariah. Namun sampai saat ini masih banyak bisnis multi level marketing yang sering terjadi kontroversi yang menimbulkan pro kontra di masyarakat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan bisnis multi level marketing Tiens Syariah di Sukabumi dan bagaimana keterkaitan bisnis multi level marketing Tiens Syariah di Sukabumi dengan Fatwa DSN-MUI No: 75/DSN-MUI/VII/2009 tentang Penjualan Langsung Berjenjang Syariah (PLBS). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini penulis mempelajari, menganalisis, mendalami, dan menelaah kegiatan yang terjadi dilapangan secara alami. Jenis data yang digunakan penulis pada penelitian ini merupakan jenis data kualitatif. Sumber data yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu terdiri dari data primer dan data sekunder yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi, dan literatur lainnya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan bisnis multi level marketing yang dilakukan oleh distributor Tiens Syariah di Sukabumi tidak sesuai dengan ketentuan Fatwa DSN-MUI No. 75/DSN MUI/VII/2009 tentang Penjualan Langsung Berjenjang Syariah (PLBS). Pelaksanaan yang dilakukan oleh para distributor bertentangan dengan ketentuan syariah seperti produk yang dioplos dan dikemas ulang, menetapkan harga yang berlebihan sehingga tidak sesuai dengan manfaat yang diperoleh, mendapatkan bonus tanpa melakukan penjualan produk, pemberian reward menimbulkan ighra’ atau daya tarik yang berlebihan, terdapat eksploitasi dan ketidakadilan dalam pembagian bonus antara upline dengan downline. Pandangan hukum ekonomi syariah terhadap ketentuan sistem bisnis yang ditetapkan pada bisnis multi level marketing Tiens Syariah adalah boleh dilakukan karena sesuai dengan ketentuan syariah. Ketentuan-ketentuan tersebut telah sesuai dengan Fatwa DSN-MUI No. 75/DSN MUI/VII/2009 tentang Penjualan Langsung Berjenjang Syariah (PLBS).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Multi Level Marketing; Fatwa No. 75/DSN MUI/VII/2009; Hukum Ekonomi Syariah
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Commerce, Trade
Business
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Wildan Teguh Satria
Date Deposited: 10 Jul 2023 06:32
Last Modified: 10 Jul 2023 06:32
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70482

Actions (login required)

View Item View Item