Nurliah, Lia (2023) Pengaruh harga dan Online Customer Review terhadap keputusan pembelian pada Marketplace Shopee pada siswa/i SMK Negeri 1 Lemahsugih Kabupaten Majalengka. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (457kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (412kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (749kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (86kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) | Request a copy |
Abstract
Pada umumnya, pelanggan memiliki tendensi untuk membeli produk yang menawarkan harga yang relatif terjangkau. Sebaliknya, ada data dimana produk dengan harga yang lebih mahal terjual lebih banyak. Selain harga, aspek penting lainnya dalam keputusan pembelian adalah review dari pembeli lainnya. Aspek yang satu ini sangat penting dalam kegiatan belanja online. Ini disebabkan konsumen tidak bisa melihat produk atau barang secara langsung dan membutuhkan pengalaman belanja dari orang lain sebagai sebuah stimulus timbulnya rasa kepercayaan kepada toko yang menjual produk tersebut. Survei nasional yang dilakukan di berbagai daerah dengan 1.700 responden pria dan wanita di 34 provinsi di Indonesia menunjukan suatu hasil yang mengkhawatirkan yaitu 66,6% responden, atau 1.132 orang, telah menjadi korban penipuan online (Kurnia N, et al, 2022). Untuk mengetahui apakah harga dan online customer review dapat dijadikan acuan dalam penelitian ini maka dilakukan survei awal kepada sejumlah responden, dimana data tersebut menunjukan ada beberapa siswa/i SMK Negeri 1 Lemahsugih yang tidak memperhatikan aspek harga dan online customer review dalam keputusan pembelian mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara parsial pengaruh Harga dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian, serta pengaruh Harga dan Online Customer Review secara simultan terhadap Keputusan Pembelian. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 153 responden. Teknik pengolahan data yang digunakan meliputi analisis deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji hipotesis, uji koefisien determinasi (R2) dan analisis regresi linear berganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Harga berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian secara parsial. Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian ditunjukan dengan nilai thitung > ttabel (7.199 > 1.655) dengan nilai signifikansi < 0,05 (0,000 < 0,05) dan nilai koefisien bernilai 0,443. Online Customer Review berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian ditunjukan dengan nilai thitung > ttabel (10.122> 1.655) dengan nilai signifikansi < 0,05 (0,000 < 0,05) dan nilai koefisien bernilai 0,907. Harga dan Online Customer Review berpengaruh secara simultan terhadap Keputusan Pembelian ditunjukan dengan nilai fhitung > ftabel (1337.575 > 3,06) dan nilai signifikansi < 0,05 (0,000 < 0.05).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Harga; Online Customer Review; dan Keputusan Pembelian |
Subjects: | General Management > Sales Management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Lia Nurliah |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 02:37 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 06:25 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70520 |
Actions (login required)
View Item |