Implementasi manajemen Pondok Pesantren pada program kewirausahaan santri : Studi deskriptif pada Pondok Pesantren Al-Musyahadah Rumah Cerdas Indonesia Cibiru Bandung

Irhamnie, Alfin Azka (2023) Implementasi manajemen Pondok Pesantren pada program kewirausahaan santri : Studi deskriptif pada Pondok Pesantren Al-Musyahadah Rumah Cerdas Indonesia Cibiru Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (241kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB) | Request a copy
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB) | Request a copy

Abstract

Pondok Pesantren merupakan suatu tempat implementasi yang tepat bagi pertumbuham kepribadian dan moralitas seorang anak didik atau santri, pesantren pula tidak hanya sebagai tempat untuk belajar ilmu akademik meliputi pengetahuan ilmu agama salah satunya, akan tetapi dimasa zaman modern saat ini pondok pesantren memiliki kontribusi besar dalam menciptakan para kader santri yang berkualitas dalam mengadapi segala aspek permasalahan di masyarakat, di antaranya santri harus mampu berkontribusi dimasyarakat dengan membantu aspek tatanan perekonomian. Pondok Pesantren Al-Musyahadah RCI Cibiru adalah satu diantara banyaknya pesantren yang memiliki perhatihan di bidang ekonomi, khususnya pada program kewirausahaan santri. Di pesantren ini terdapat berbagai program yang melatih para santri agar bisa menjadi kader santri yang mandiri di dunia kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan Pondok Pesantren Al-Musyahadah RCI Cibiru pada program kewirausahaan santri, mengetahui hambatan dan solusi Pondok Pesantren Al-Musyahadah RCI Cibiru dalam mengelola program kewirausahaan santri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan dan memberikan penjelasan tentang implementasi manajemen pondok pesantren pada program kewirausahaan santri. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif. Data yang diperoleh melalui dokumentasi, observasi secara langsung dan wawancara kepada pihak-pihak yang terlibat dalam program kewirausahaan santri Pondok Pesantren Al-Musyahadah RCI Cibiru. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan program kewirausahaan santri di Pondok Pesantren Al-Musyahadah RCI Cibiru terdiri dari proses perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan dan pengawasan. Hambatan Pondok Pesantren Al-Musyahadah RCI Cibiru dalam mengelola program kewirausahaan santri diantaranya benturan waktu dan kegiatan santri, kurangnya kualitas dan kuantitas sumber daya manusia, serta sarana dan prasarana yang kurang memadai. Adapun solusi Pondok Pesantren Al-Musyahadah RCI Cibiru dalam mengatasi hambatan pengelolaan program kewirausahaan santri diantaranya pembuatan jadwal kerja, melakukan studi banding dan workshop, serta menyicil sarana dan prasarana untuk keberlangsungan kegiatan usaha. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Pondok Pesantren Al-Musyahadah RCI Cibiru telah mengimplementasikan manajemen pondok pesantren dengan cukup baik berdasarkan standar pengelolaan suatu porgram.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Pondok Pesantren; Kewirausahaan; Santri
Subjects: Production, Industrial Economics > Entrepreneurship
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
General Management > Organizations
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: alfin azka irhamnie
Date Deposited: 10 Jul 2023 06:27
Last Modified: 10 Jul 2023 06:27
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70556

Actions (login required)

View Item View Item