Hubungan status sosial ekonomi dan gaya hidup konsumtif anak remaja: Studi korelatif anak remaja di komplek perumahan griya ranca indah II, Desa Jelegong, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung

Auliya, Nurul Fiitri (2023) Hubungan status sosial ekonomi dan gaya hidup konsumtif anak remaja: Studi korelatif anak remaja di komplek perumahan griya ranca indah II, Desa Jelegong, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
2_daftarisi.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
3_abstrak.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (185kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan teknologi dan informasi yang memudahkan seseorang dalam melakukan transaksi khususnya dalam pembelian barang/produk. Permasalahan tersebut berimbas kepada anak remaja yang ingin terlihat bergaya agar tidak ketinggalan zaman serta tereliminasi dari status sosial kelompoknya dan munculah rasa gengsi yang berakibat pada pembelian tidak rasional yang dilakukan oleh anak remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan status sosial ekonomi orang tua dengan gaya hidup konsumtif yang dilakukan oleh anak remaja di komplek griya ranca indah II. Landasan teori yang digunakan adalah teori konsumsi (the leissure class) Thorstein Veblen, Status sosial masih kurang dihargai sehingga munculah gaya hidup konsumtif yang tidak rasional. status sosial ekonomi merupakan suatu kualitas yang tidak setara yang di identifikasikan dengan pendidikan, pekerjaan, serta pendapatan. Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kauntitatif dengan analisa rank spearman. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah mengambil jumlah keselurahan populasi anak remaja dengan rentang usia 15-24 tahun yang berjumlah sebanyak 42 orang. Hasil penelitian ini menunjukan adanya hubungan antara status sosial ekonomi orangtua dengan gaya hidup konsumtif anak remaja. Hal ini ditunjukan dengan hasil analisis hubungan dengan menggunakan korelasi rank spearman antara variabel independen (pendidikan, pekerjaan, dan pendapatan) dengan variabel dependen (gaya hidup konsumtif) dengan nilai signifikan (sig) < 0,05 yang berarti memiliki korelasi antara kedua variabel dan hipotesis dapat diterima. Hal ini menjelaskan bahwa diterima dengan nilai korelasi -0,153 yang berarti korelasi sangat lemah antara variabel pendidikan dengan gaya hidup konsumtif. sedangkan untuk variabel pekerjaan terdapat hubungan dengan nilai korelasi -0,078 yang berarti korelasi sangat lemah dalam hal tersebut hipotesis bisa diterima. Sedangkan untuk variabel pendapatan memiliki nilai korelasi sebesar 0,288, yang berarti terdapat korelasi yang cukup kuat antara kedua variabel pendapatan dan gaya hidup konsumtif dengan artian bahwa hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Status Sosial Ekonomi; Gaya Hidup Konsumtif; Anak Remaja
Subjects: Ethics of Consumption
Social Groups
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Nurul Fitri Auliya
Date Deposited: 10 Jul 2023 07:57
Last Modified: 10 Jul 2023 07:57
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70576

Actions (login required)

View Item View Item