Analisis Fikih Tabbaru terhadap pendapatan dan penggunaan Cashback Gopay Coins pada transaksi jual beli di aplikasi Tokopedia

Agustiani, Sarah Amanah (2023) Analisis Fikih Tabbaru terhadap pendapatan dan penggunaan Cashback Gopay Coins pada transaksi jual beli di aplikasi Tokopedia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (768kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (740kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_ daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy

Abstract

Dengan bermunculannya e-commerce tentu saja menjadi pesaingan bisnis menjadi sangat ketat. Dimana para e-commerce mengeluarkan banyak penawaran menggiurkan salah satunya merupakan cashback GoPay Coins yang ditawarkan oleh pihak Tokopedia. Tokopedia menawarkan kepada penggunanya hanya dengan berbelanja kebutuhannya, para pengguna memperoleh keuntungan saldo yang bisa digunakan pada transaksi selanjutnya. Adapun yang menjadi rumusan masalah pada penelitian ini yaitu terkait bagaimana mekanisme pendapatan dan penggunaan cashback GoPay Coins pada aplikasi Tokopedia serta bagaimana tinjauan fikih tabbaru terhadap pendapatan penggunaan cashback GoPay Coins dalam transaksi di aplikasi Tokopedia. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui mekanisme pendapatan dan penggunaan cashback GoPay Coins pada aplikasi Tokopedia dan untuk mengetahui tinjauan fikih tabbaru terhadap pendapatan dan pengguaan cashback GoPay coins dalam transaksi jual beli di aplikasi Tokopedia. Kerangka pemikiran dari penelitian ini menggunakan teori akad hibah yang di hubungkan dengan pelaksanaan cashback dalam rangka promosi platform Tokopedia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil dari penelitian ini bahwa adanya beberapa alur yang harus dilakukan oleh pengguna Tokopedia dalam mendapatkan dan menggunakan cashback GoPay Coins. Dalam tinjuan akadnya cashback GoPay Coins merupakan strategi promosi yang dilakukan oleh pihak Tokopedia dan adanya pelaksanaan akad hibah terkhususnya dalam ja’izah tasyji’iyyah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa praktik pendapatan dan penggunaan cashback GoPay Coins terdapat kesesuaian dengan teori akad hibah dan dapat dijadikan sebagai pertimbangan dalam pelaksanaannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Cashback; Hibah; Tabbaru; Tokopedia;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
General Management
General Management > Sales Promotion
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Sarah Amanah Agustiani
Date Deposited: 12 Jul 2023 03:45
Last Modified: 12 Jul 2023 03:45
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70802

Actions (login required)

View Item View Item