Pengaruh Capital Adequacy Ratio dan Financing to Deposit Ratio terhadap Return On Assets : Studi di PT Bank Muamalat Indonesia Tbk Periode 2017-2022

Nakif, Zahra Adri (2023) Pengaruh Capital Adequacy Ratio dan Financing to Deposit Ratio terhadap Return On Assets : Studi di PT Bank Muamalat Indonesia Tbk Periode 2017-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (248kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh visi Bank Muamalat yang ingin menjadi bank terbaik dengan eksistensi di tingkat regional. Besarnya profit yang diperoleh oleh suatu bank tergantung pada modal, dana yang dihimpun dan dana yang disalurkan. Untuk mengetahui seberapa besar modal yang di miliki dengan dana yang dihimpun dapat menggunakan analisis rasio keuangan. Maka dapat digunakan analisis rasio kecukupan modal yaitu Capital Adequacy Ratio (CAR) dan analisis rasio likuiditas yaitu Financing to Deposit Ratio (FDR) untuk mengetahui pengaruhnya terhadap Return On Assets (ROA). Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis dan mengetahui besarnya pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) secara parsial terhadap Return On Assets (ROA); menganalisis dan mengetahui besarnya pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) secara parsial terhadap Return On Assets (ROA); menganalisis dan mengetahui pengaruh Capital Adeacy Ratio (CAR) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) secara simultan terhadap Return On Assets (ROA) pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Periode 2017-2022. Kerangka teori yang dipakai adalah ketika Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) mengalami kenaikan maka Return On Assets (ROA) akan mengalami kenaikan, maka profitabilitas yang diperoleh oleh bank akan naik. Penelitian ini menggunakan metode desktiptif dengan pendekatan kuantitatif verifikatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan yang dipublikasi oleh PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Periode 2017-2022. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis uji asumsi klasik serta analisis asosiatif dan untuk pengolahan data menggunakan aplikasi IBM SPSS statistic for windows versi 27. Hasil penelitian secara parsial Capital Adequacy Ratio (CAR) tidak berpengaruh terhadap Return On Assets (ROA) dengan nilai thitung < ttabel (-0,089 < 2,07387). Secara parsial Financing to Deposit Ratio (FDR) tidak berpengaruh terhadap Return On Assets (ROA) dengan nilai thitung < ttabel (1,610 < 2,07387). Secara simultan menunjukan uji f diperoleh Fhitung > Ftabel atau 6,822 > 3,47 dengan nilai signifikansi 0,005 < 0,050. Sehingga menghasilkan Ho ditolak dan Ha diterima,, hal ini mengindikasikan bahwa variabel Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) berpengaruh terhadap Return On Assets (ROA).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Capital Adequacy Ratio (CAR); dan Financing to Deposit Ratio (FDR); Return On Assets (ROA);
Subjects: Accounting > Financial Reporting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Zahra Adri Nakif
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:01
Last Modified: 13 Jul 2023 03:01
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70878

Actions (login required)

View Item View Item