Analisis pelaksanaan akad Murabahah pada pembiayaan KPR bersubsidi di Bank BTN Syariah : Studi kasus di Perumahan Astama Villa Sodong Pandeglang Banten

Cahyani, Putri Tri (2023) Analisis pelaksanaan akad Murabahah pada pembiayaan KPR bersubsidi di Bank BTN Syariah : Studi kasus di Perumahan Astama Villa Sodong Pandeglang Banten. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (822kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (901kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (792kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy

Abstract

Rumah adalah kebutuhan dasar manusia, tetapi dengan harga rumah yang melambung tinggi, hanya sedikit orang yang mampu membelinya secara tunai. Disinilah bank menjembatani kepentingan pembelian rumah dengan menawarkan produk KPR, tetapi bank konvensional menerapkan sistem bunga dan merupakan transaksi ribawi yang jelas dilarang dalam Islam. Maka munculah perbankkan syariah salah satunya bank BTN Syariah sebagai alternatif lain yang positif untuk umat Islam yang membutuhkan pembiayaan yang terhindar dari transaksi riba. Penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui penerapan akad murabahah pada pembiayaan KPR bersubsidi di Bank BTN Syariah Kantor Cabang Serang. 2) mengetahui kesesuaian pelaksanaan akad murabahah pada pembiayaan KPR bersubsidi di Bank BTN Syariah Kantor Cabang Serang dengan ketentuan hukum ekonom syariah mengenai akad murabahah. Kerangka berpikir penilitian ini berisikan teori akad murabahah, dimana murabahah adalah jual beli barang seharga barang tersebut dengan ditambah keuntungan yang disepakati antara penjual dan pembeli. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif analisis di mana peneliti menganalisis berdasarkan fakta-fakta dan data yang diperoleh dalam pelaksanaan akad murabahah pada pembiayaan KPR bersubsidi di bank BTN syariah KC Serang dengan studi kasus di perumahan Astama Villa Sodong Pandeglang-Banten. Pendekatan yang digunakan adalah yuridis empiris atau kajian hukum empiris, jenis data yang digunakan adalah kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, studi pustaka dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan penerapan akad murabahah pada pembiayaan KPR bersubsidi di Bank BTN Syariah KC Serang secara proses, prosedur serta alur yang diterapkan telah sesuai, tetapi ditinjau dari ketentuan hukum ekonomi syariah mengenai akad murabahah, pelaksanaannya belum sesuai dengan aspek-aspek hukum ekonomi syariah. Tedapat salah satu rukun jual beli murabahah yang tidak terpenuhi, di mana harus ada barang yang diperjual belikan, barang tersebut haruslah milik penjual. Sedangkan saat pelaksanaan akad murabahah pada pembiayaan KPR Bersubsidi ini barang belum menjadi milik bank. Transaksi seperti ini juga belum sesuai dengan fatwa DSN MUI Nomor 111/DSN-MUI/IX/2017 tentang akad jual beli murabahah point kelima nomor tiga dalam ketentuan mutsman/mabi’ dimana mutsman/mabi ’harus wujud, jelas/pasti/tertentu, dan dapat diserah terimakan (qudrat al-taslim) pada saat akad jual beli murabahah berlangsung. Pelaksanaan akad murabahah pada pembiayaan KPR bersubsidi di BTN Syariah KC Serang juga belum sesuai dengan fatwa DSN MUI Nomor 04/DSN-MUI/IV/2000 tentang murabahah point pertama Nomor 4: Bank membeli barang yang diperlukan nasabah atas nama bank sendiri, dan pembelian ini harus sah dan bebas riba. Sedangkan disini bank membeli barang (rumah) atas nama nasabah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan; Murabahah; KPR;
Subjects: Islam > Islam and Economics
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Putri Tri Cahyani
Date Deposited: 13 Jul 2023 07:19
Last Modified: 13 Jul 2023 07:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70942

Actions (login required)

View Item View Item