Pengaruh bimbingan konseling Islam terhadap kesehatan mental peserta didik : Penelitian kelas VIII di SMPN 1 Singaparna Tasikmalaya

Atqiya, Syifaul (2023) Pengaruh bimbingan konseling Islam terhadap kesehatan mental peserta didik : Penelitian kelas VIII di SMPN 1 Singaparna Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (218kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy

Abstract

Bimbingan dan konseling merupakan salah satu komponen dalam keseluruhan sistem pendidikan maka dari itu peserta didik perlu mendapat bimbingan, khususnya bimbingan konseling Islam agar dapat mengaktualisasikan keimanannya dalam kehidupan sehari-hari. Mengingat remaja merupakan fase rawan, labil dan dinamis maka selain bimbingan orang tua dirumah bimbingan konseling Islam juga sangat dibutuhkan agar peserta didik mempunyai mental yang sehat untuk mencapai hasil belajar yang maksimal. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh bimbingan konseling Islam terhadap kesehatan mental peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Singaparna Tasikmalaya. Kerangka pemikiran ini dituangkan dalam bentuk desain penelitian yang akan diturunkan sebagai indikator untuk membuat instrument penelitian. Desain penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel bebas adalah bimbingan konseling Islam (X) dan variabel terikat adalah kesehatan mental (Y). Berlandaskan pada aspek variabel bimbingan konseling Islam yaitu pencegahan, pengembangan dan terapi serta aspek kesehatan mental yaitu terhindar dari gangguan jiwa, menyesuaikan diri, memanfaatkan potensi semaksimal mungkin dan tercapai kebahagiaan pribadi dan orang lain. Metode yang digunalan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode regresi linier sederhana dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jumlah populasi 304 peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Singaparna. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik simple random sampling. Hasil dari penelitian ini dilakukan melalui uji regresi linier sederhana yang menunjukan bahwa nilai sig 0.004 < alpha 0.05 maka H1 diterima dan H0 ditolak artinya terdapat pengaruh bimbingan konseling Islam terhadap kesehatan mental, dengan tingkatan pengaruh 1.027 dan besar pengaruh X menjelaskan Y yaitu 0.174 atau 17,4% artinya bimbingan konseling Islam hanya mampu menjelaskan kesehatan mental sebesar 17,4% selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian. Hal ini menunjukan bahwa bimbingan konsling Islam memiliki pengaruh positif terhadap kesehatan mental peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Konseling Islam; Kesehatan Mental; Peserta Didik
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Syifaul Atqiya Syifaul Atqiya
Date Deposited: 14 Jul 2023 02:16
Last Modified: 14 Jul 2023 02:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70956

Actions (login required)

View Item View Item