Pemberitaan pelanggaran UU ITE dalam media Online: Analisis Framing mengenai pelanggaran UU ITE Ruhut Sitompul pada Kompas.com dan Republika.co.id edisi Mei 2022

Wibowo, Muhamad Rendhy (2023) Pemberitaan pelanggaran UU ITE dalam media Online: Analisis Framing mengenai pelanggaran UU ITE Ruhut Sitompul pada Kompas.com dan Republika.co.id edisi Mei 2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy

Abstract

Pada tahun 2022 media online dipenuhi pemberitaan mengenai tindakan Ruhut Sitompul yang membagikan sebuah meme Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggunakan pakaian adat suku Dani Papua dan penggunaan kalimat berbahasa betawi melalui media sosial twitter pribadi miliknya. Hal tersebut membuat Ruhut Sitompul dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh Panglima Kopatrev atas tindakan yang diduga melanggar Undang-Undang ITE. Permasalahan tersebut diberitakan oleh Kompas.com dan Republika.co.id. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara media online terutama Kompas.com dan Republika.co.id dalam membingkai suatu peristiwa mengenai Ruhut Sitompul yang dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas dugaan tindakan rasialisme dan pelanggaran UU ITE melalui sebuah gambar buatan atau meme. Penelitian ini menggunakan paradigma kritis dan pendekatan kualitatif dalam bentuk deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode analisis framing model Robert N. Entman dan memanfaatkan empat elemen yang digunakan sebagai pisau analisis, keempat elemen tersebut ialah pendefinisian masalah (define problems), perkiraan penyebab masalah (diagnose causes), pembuatan keputusan moral (make moral judgment) dan penekanan penyelesaian masalah (treatment recommendation). Hasil penelitian yang dilakukan terhadap dua media online yakni Kompas.com dan Republika.co.id dengan menggunakan metode analisis framing Robert N. Entman, penulis menemukan sebuah persamaan dalam pengambilan isu yaitu dugaan tindakan rasisme yang dilakukan oleh Ruhut Sitompul dengan menggunakan meme. Secara garis besar Kompas.com dan Republika.co.id memiliki perbedaan dalam penggunaan narasumber dalam mengumpulkan fakta, Kompas.com hanya menggunakan narasumber resmi yakni Ruhut Sitompul dan pihak Kepolisian, sedangkan Republika.co.id menggunakan narasumber resmi dan ditambahkan keterangan yang berasal dari narasumber tidak resmi yakni pengguna media sosial twitter dan ketum bamus betawi hal tersebut memberikan pandangan yang berbeda terhadap kasus yang melibatkan Ruhut Sitompul.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberitaan; Media Online; Berita; Analisis Framing; Robert N. Entman
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Muhamad Rendhy Wibowo
Date Deposited: 14 Jul 2023 06:32
Last Modified: 14 Jul 2023 06:32
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70964

Actions (login required)

View Item View Item