Nada, Farisa Qotru (2023) Persepsi peserta didik terhadap keteladanan guru PAI dan hubungannya dengan akhlak mereka di sekolah : Penelitian korelasional terhadap peserta didik kelas VII SMPN 1 Pagedangan Tangerang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (287kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (376kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (426kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (686kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (405kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di SMPN 1 Pagedangan, menurut guru dan warga sekitar sekolah, bahwa sebagian besar akhlak peserta didiknya terutama kelas VII belum sepenuhnya baik, hal ini dapat terlihat dalam kegiatan sehari-harinya, seperti sering menggaggu ketika solat, memandang remeh temannya, dan tidak menolong temannya ketika kesusahan. Oleh karena itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan fenomena yang terjadi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui persepsi peserta didik mengenai keteladanan guru di SMPN 1 Pagedangan. (2) Untuk mengetahui ahklak peserta didik di SMPN 1 Pagedangan. (3) Untuk mengetahui pengaruh keteladanan guru terhadap akhlak peseta didik di SMPN 1 Pagedangan. Adapun penelitian ini berdasarkan pada pemikiran bahwa, akhlak peserta didik merupakan sesuatu yang sangat penting di dalam proses berjalannya pendidikan. Akhlak peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dapat dipengaruhi oleh berbagai macam hal, salah satunya yaitu oleh keteladanan yang guru contohkan. Maka dari itu di dalam penelitian ini dijelaskan indikator-indikator yang harus dimiliki dan dicapai oleh seorang guru dalam melakukan proses keteladanan di dalam kelas. Oleh karena itu hipotesis dalam penelitian ini yaitu, terdapat pengaruh yang positif dari keteladanan guru terhadap akhlak peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode korelasi dengan bentuk deskriptif. Yang mana tujuan dari metode ini ialah untuk melihat sejauh mana pengaruh antara keteladanan guru dan akhlak peserta didik yang hasilnya akan diuraikan secara deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Angket terdiri dari 30 soal, yang mana dari setiap soalnya memuat masing-masing indikator dari setiap variabel. Adapun teknik analisis datanya yaitu: Analisis parsial dan Analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukan diperolehnya: (1) Persepsi peserta didik terhadap keteladanan guru berada pada kategori tinggi, dengan nilai rata-rata 3,83, yang mana berada pada interval 3,50-4,50. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa persepsi peserta didik terhadap keteladanan guru berada pada kategori yang tinggi. (2) Akhlak peserta didik di sekolah berada pada kategori yang tinggi, dengan nilai rata-rata 4,45, yang berada pada interval 3,50 – 4,5. (3) Hubungan persepsi peserta didik terhadap keteladanan guru dengan akhlak mereka di sekolah sangat berpengaruh. Hal ini bisa dilihat dari hasil koefisien korelasi yang tinggi, dengan nilai 0,42, yang berada pada interval 0,40-0,59. Hipotesisnya diterima dengan tingkat signifikansinya berada pada angka 5%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Peserta Didik; Keteladanan Guru; Akhlak; |
Subjects: | Religious Education Education, Research of Language, Related Topics of Language Accounting |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | farisa qotru nada |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 01:00 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 01:00 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70973 |
Actions (login required)
View Item |