Implementasi konsep kebahagiaan dalam kitab Sirrul Asrar pada santri : Studi deskriptif kualitatif di Pondok Pesantren Al-Musyahadah Cibiru, Bandung

Madeli, Jelsi (2023) Implementasi konsep kebahagiaan dalam kitab Sirrul Asrar pada santri : Studi deskriptif kualitatif di Pondok Pesantren Al-Musyahadah Cibiru, Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (296kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (825kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh saat zaman modren ini kebahagiaan sendiri telah distandarkan dengan materi yang dipunya sehingga timbul persepsi bahwa bahagia itu dari segi materi saja, dan kebahagiaan hanya sebatas lahiriyah saja. Membahas kebahagiaan pada santri adalah hal yang menarik, karena menjadi santri di Pondok pesantren tentu banyak suka dan duka yang dialami dan diuji secara mental dan fisiknya, sehingga banyak yang mencari pembenaran mengenai kebahagiaan, salah satunya mendapatkan kajian melalui kitab Sirrul Asrar mengenai kebahagiaan lalu bagaimana implementasinya sendiri dalam kehidupan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui implementasi konsep kebahagiaan dalam kitab Sirrul asrar pada santri di Pondok Pesantren Al-Musyahadah dan untuk mengetahui faktor-faktor penghambat implementasi konsep kebahagiaan pada santri di Pondok Pesantren Al-Musyahadah. Dalam kitab Sirrul asrar ada dua puluh empat pasal dimana satu pasal membahas mengenai konsep kebahagiaan. Metode penelitian ini mengunakan deskriptif kualitatif, dengan mengambil 8 orang informan, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data dengan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah konsep ini belum dapat diimplementasikan oleh santri secara maksimal dikarenakan beberapa faktor yang menghambat. Untuk faktor yang menghambat proses implementasi konsep kebahagiaan dalam kitab sirrul asrar pada santri adalah berkhayal terlalu tinggi, mencintai dunia dan kesenanganya, hati yang keras, mata yang jarang menangis, dan sombong.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Konsep Kebahagiaan; Kitab Sirrul asrar; santri
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Individual Psychology, Characters
Islam > Sufism
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Jelsi Madeli
Date Deposited: 14 Jul 2023 05:24
Last Modified: 14 Jul 2023 05:24
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70994

Actions (login required)

View Item View Item