Pelaksanaan jual beli kucing dengan sistem ganti pakan melalui e-Commerce Facebook dalam persfektif Hukum Ekonomi Syariah : Studi kasus grup kucing nya Sumedang, Share, Adop Kitten Sumedang

Satriani, Diva Mulia (2023) Pelaksanaan jual beli kucing dengan sistem ganti pakan melalui e-Commerce Facebook dalam persfektif Hukum Ekonomi Syariah : Studi kasus grup kucing nya Sumedang, Share, Adop Kitten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (884kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (736kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (885kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB) | Request a copy

Abstract

Jual beli kucing menjadi lahan yang sangat menjanjikan bagi masyarakat. Bisnis ini berkembang cukup pesat di Indonesia, khususnya bagi para penggemar kucing dari berbagai kalangan. Ada berbagai jenis kucing yang dijual seperti Angora, Persia, Himalaya, Ragdoll, Maincoon, hingga domestik. Seiring dengan perkembangan zaman, jual beli kucing kini dilakukan melalui e-commerce facebook. Jual beli kucing melalui e-commerce facebook ini biasanya menggunakan sistem ganti pakan, artinya mengganti biaya pakan dengan uang selama kucing tersebut dirawat atau dipelihara. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mendeskripsikan penerapan praktik jual beli kucing dengan sistem ganti pakan di grup Kucing nya Sumedang, share, adopsi (Kitten Sumedang), 2) Mengkaji lebih luas mengenai praktik jual beli kucing dengan sistem ganti pakan di grup Kucing nya Sumedang, share, adopsi (Kitten Sumedang). Penelitian ini menggunakan teori jual beli secara umum menurut Hukum Ekonomi Syariah, serta jual beli gharar yang merupakan jual beli yang dilarang dalam Hukum Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Dalam penelitian ini, penyusunan mengumpulkan, mengelola, dan menganalisis data, dan kemudian melaporkan data tersebut secara objektif mengenai jual beli kucing dengan sistem ganti pakan di grup Facebook Kucing nya Sumedang, share, adopsi (Kitten Sumedang) ditinjau dengan menggunakan Hukum Ekonomi Syariah. Hasil penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa : 1) Mekanisme jual beli kucing dengan sistem ganti pakan ini diawali dengan penjual memposting foto atau video kucing dengan menyisipkan penjelasan mengenai kucing tersebut, kemudian pembeli mencari postingan atau menggali informasi di grup tersebut, setelah itu pembeli mengomentari postingan atau mengirim inbox, setelah terjadi proses tawar-menawar pembeli dan penjual melakukan ijab qabul, kemudian terjadi proses pembayaran yang dilakukan antara penjual dan pembeli yaitu penjual menyerahkan kucing tersebut kepada pembeli. 2) Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap jual beli kucing dengan sistem ganti pakan ini yaitu meskipun terdapat indikasi gharar karena pembeli tidak mengetahui pasti kualitas kucing yang akan dibelinya. Namun, karena penjual telah memberikan informasi yang jelas mulai dari jenis, ras, harga, umur, jenis kelamin dan lain-lain kepada pembeli melalui inbox, maka gharar nya termasuk kepada gharar yasir (gharar kecil). Gharar yasir ini merupakan gharar yang diperbolehkan oleh para ulama.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Jual Beli; Sistem Ganti Pakan; Gharar
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Commerce, Trade
Animals, Zoology, Wildlifes
Business
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Diva Mulia Satriani
Date Deposited: 14 Jul 2023 04:28
Last Modified: 14 Jul 2023 04:28
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71044

Actions (login required)

View Item View Item