Peran kepemimpinan KH Tatang Astarudin dalam menjalankan program kewirausahaan : Studi deskriptif di Pondok Pesantren mahasiswa Universal di Kota Bandung

Sopiyah, Sopiyah (2023) Peran kepemimpinan KH Tatang Astarudin dalam menjalankan program kewirausahaan : Studi deskriptif di Pondok Pesantren mahasiswa Universal di Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (222kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy

Abstract

Sistem dan lembaga pesantren telah dimodernisasi dan disesuaikan dengan perkembangan zaman, sehingga kurikulum yang sesuai dengan tujuan kelembagaan lembaga akan terpengaruh secara otomatis. Pesantren harus mampu menjaga ciri-ciri pesantren tetap hidup di tengah peradaban. Fungsi pesantren sebagai perantara dalam pendidikan seharusnya menjadi dinamisator dan katalisator pemberdayaan sumber daya manusia dan penggerak kemajuan. Oleh karena itu, peran kepemimpinan yang ada didalamnya serta para pengurus pesantren harus menunjukkan pendekatan yang sensitif dan responsif terhadap perkembangan sosial, salah satunya dengan berkontribusi dalam menyelesaikan masalah-masalah aktual masyarakat seperti kemiskinan dan pengangguran. Metode yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian lapangan ialah metode deskriptif yaitu suatu metode yang mendapatkan rumusan masalah. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan jenis data yang termasuk dalam pendekatan kualitatif karena dapat dikelompokkan dalam rumusan masalah yang sudah dipaparkan yaitu : peran kepemimpinan interpersonal role KH Tatang Astarudin, peran kepemimpinan informational role KH Tatang Astarudin, peran kepemimpinan decision making KH Tatang Astarudin. Berdasarkan hasil dilapangan pada Pondok Pesantren Mahasiswa Universal, KH Tatang Astarudin sudah mampu untuk menjalankan segala aspek berdasarkan teori dari Henry Minzberg yaitu mengenai peran kepemimpinan sebagai interpersonal role yang mana pimpinan sudah mampu untuk memberikan contoh yang baik kepada santri maupun pengajar, selain itu beliau juga mampu berperan sebagai leader yang mampu untuk mengarahkan dan mampu untuk mengkomunikasikan kegiatan di dalam pesantren kepada pihak luar. untuk peran informational role beliau mampu untuk menjaga informasi dari pihak luar dan mampu untuk mengawasi segala macam informasi ke dalam pesantren. selain itu beliau juga sudah mampu untuk berperan sebagai decision making yang mana mampu membuat inovasi dan ide-ide kewirausahaan yang baik dan sangat berkembang, mampu pula untuk mengambil keputusan dan mengahadapi permasalahan serta menjalin kerjasama kepada pihak luar. Peran interpersonal role, KH Tatang Astarudin telah menjalankan perannya dengan baik secara langsung dalam menjalankan program kewirausahaan yang ada di Mahad Universal. menjalankan Peran sebagai informational role telah dilakukan dengan baik oleh KH Tatang Astarudin kepada santri dan pengajar. menjalankan Peran sebagai decision making telah dilakukan dengan baik kepada santri dan pengajar dalam program kewirausahaan dalam mengembangkan ide-idenya yang telah dikembangkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran; Kepemimpinan; Pondok; Pesantren; Kewirausahaan
Subjects: Plants, Botany > Organization Management
Person in Technology Biography > Person in Management Biography
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Sopiyah Sopiyah
Date Deposited: 14 Jul 2023 03:23
Last Modified: 14 Jul 2023 03:23
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71087

Actions (login required)

View Item View Item