Fungsi manajeman sumber daya manusia dalam meningkatkan kualitas program dakwah santri : Studi deskriptif program Pengabdian Dakwah di Pondok Pesantren Hasmi Bogor

Putra, Muhamad Fadly Radiansyah (2023) Fungsi manajeman sumber daya manusia dalam meningkatkan kualitas program dakwah santri : Studi deskriptif program Pengabdian Dakwah di Pondok Pesantren Hasmi Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (179kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy

Abstract

Pondok Pesantren Hasmi adalah sebuah asrama yang berbasis islami, masyrakat yang tinggal untuk mempelajari ilmu keagamaan yang dibimbing langsung oleh Ustad-Ustad. Fungsi manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan program dakwah santri, Pondok Pesantren Hami memiliki program pengabdian dakwah bagi santri-santrinya yang sudah mampu untuk diterjunkan langsung kemasyarakat dengan kriteria-kriteria yang sudah ditentukan. Dengan teori fungsi manajemen sumber daya manusia ingin mengetahui bagaimana sistem pada pelaksanaan program dakwah tersebut. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui proses pengadaan sumber daya manusia di Pondok Pesantren Hasmi dalam meningkatkan program dakwah santri, mengetahui proses pengintegrasian sumber daya manusia di Pondok Pesantren Hasmi dalam program dakwah dan Untuk mengetahui proses pemeliharaan sumber daya manusia terhadap para pengurus serta santri dalam program dakwah santri dipondok pesantren Hasmi. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif, yang bertujuan untuk menggambarkan dan memberikan penjelasan serta fakta-fakta yang terjadi dilapangan terkait fungsi manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan program dakwah santri. Metode yang dilakukan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi secara langsung. Penelitian ini menggunakan teori dan memakai teori manajemen sumber daya manusia menurut Wilson Bangun (2012:13) mengemukakan bahwasannya manajemen sumber daya manusia merupakan salah satu bidang manajemen yang melaksanakan kegiatan pengadaan, pelatihana dan pengembangan, pemberian kompensasi, pengintegrasian dan pemeliharaan sumber daya manusia Dari hasil penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwasannya fungsi manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan program dakwah santri, yaitu. Pengadaan sumber daya manusia pada Pondok Pesantren Hasmi dengan melakukan kegiatan analisis kerja, perencanaan, rekrutmen, seleksi, dan penempatan sumber daya manusia. Pengintegrasian sumber daya manusia yang diterapkan pada Pondok Pesantren Hasmi dengan kegiatan Motivasi Kerja, kepuasan kerja dan kepemimpinan. Pemeliharan sumber daya manusia pada Pondok Pesantren Hasmi dalam program pengabdian dakwah dengan melibatkan kegiatan komunikasi kerja dan keselamatan serta kesehatan sumber daya manusia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia; Kualitas; Pondok Pesantren
Subjects: General Management
General Management > Elements of Personnel Management
Athletic and Outdoor Sports > Organizations, Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Muhamad Fadly Radiansyah Putra
Date Deposited: 14 Jul 2023 08:11
Last Modified: 14 Jul 2023 08:11
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71134

Actions (login required)

View Item View Item