Hubungan antara komunikasi Terapeutik Guru Bimbingan Konseling dengan Self-Disclosure pada siswa : Studi korelasional pada siswa kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Plus Pondok Modern Al-Aqsha Desa Cibeusi Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang tahun ajaran 2022/2023

Alfazunta, Ajib (2023) Hubungan antara komunikasi Terapeutik Guru Bimbingan Konseling dengan Self-Disclosure pada siswa : Studi korelasional pada siswa kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Plus Pondok Modern Al-Aqsha Desa Cibeusi Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang tahun ajaran 2022/2023. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (322kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di dasari oleh salah seorang guru BK di SMP Plus Al-Aqsha, mengungkapkan bahwa teknik komunikasi terapeutik dengan cara bertanya dan memberi solusi kepada siswa merupakan salah satu cara atau strategi agar siswa terus-menerus mau untuk terbuka. Teknik ini tentu akan menunjang guru BK untuk membantu siswa SMP dalam memperjelas dan mengurangi beban perasaan serta pikirannya. Melalui komunikasi terapeutik yang tepat, maka tingkat keterbukaan siswa akan semakin tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang hubungan antara komunikasi terapeutik guru bimbingan konseling (BK) dengan self-disclosure pada siswa kelas VII di SMP Plus Pondok Modern Al-Aqsha Cibeusi Jatinangor Sumedang tahun ajaran 2022/2023. Penelitan ini berdasarkan pada teori teknik penyembuhan yang dikenal sebagai Komunikasi Terapeutik (Therapeutic Communication) dan kemampuan seseorang dalam mengungkapkan informasi-informasi tentang diri sendiri kepada orang lain (Self-Disclosure). Penelitian ini menggunakan metode jenis penelitian kuantitatif korelasional (correlation research). Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara komunikasi terapuetik guru BK dengan self-disclosure pada siswa. Adapun teknik yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini ialah teknik observasi, wawancara, dan instrumen penelitian (alat ukur penelitian). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa komunikasi terapeutik dengan self-disclosure memiliki hubungan dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,036 < 0,05 dan nilai dari angka korelasi (pearson correlation) yang didapatkan sebesar 0,254 atau 26%. Sesuai dengan hipotesis yang diajukan yaitu terdapat hubungan antara komunikasi terapeutik guru bimbingan konseling dengan self-disclosure pada siswa di SMP Plus Al-Aqsha Cibeusi Pondok Modern Al-Aqsha Jatinangor Sumedang tahun angkatan 2022/2023. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara komunikasi terapeutik guru bimbingan konseling (BK) dengan self-disclosure pada siswa kelas VII di SMP Plus Cibeusi Pondok Modern Al-Aqsha tahun angkatan 2022/2023 sebesar 0,254 atau 26%. Dibuktikan dengan Guru BK menunjukan perhatian dan menunjukan penerimaan kepada siswa untuk memantik keterbukaan diri siswa. Berupa siswa mampu mengontrol, mengutarakan, membatasi waktu, mengetahui hal yang pantas untuk diungkapkan, dan menyadari informasi-informasi yang akan dikatakan pada orang lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Terapeutik; Self-Disclosure; Guru Bimbingan Konseling; Siswa
Subjects: The Self
Social Interaction, Interpersonal Relations > Verbal Communication
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Alternative Schools
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Pharmacology and Therapeutics > Therapeutics, Theraphy
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Kanzun Ajib Alfazunta
Date Deposited: 17 Jul 2023 07:44
Last Modified: 17 Jul 2023 07:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71149

Actions (login required)

View Item View Item