Peran Kepemimpinan Kiai Iwan Hermawan dalam Meningkatkan Motivasi Jemaah Majelis Taklim : Studi Deskriptif di Majelis Iqra Al-Mu‟awanah Kampung Lio Warunggede Desa Cibiru Wetan Kec. Cileunyi Kab. Bandung

Nurhayati, Neni (2023) Peran Kepemimpinan Kiai Iwan Hermawan dalam Meningkatkan Motivasi Jemaah Majelis Taklim : Studi Deskriptif di Majelis Iqra Al-Mu‟awanah Kampung Lio Warunggede Desa Cibiru Wetan Kec. Cileunyi Kab. Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR IS1.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (665kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (805kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB) | Request a copy

Abstract

Majelis Iqra merupakan lembaga dakwah yang fokus pada pengkajian kitab iqra. Majelis Iqra ini khusus diikuti oleh masyarakat lokal usia lanjut yang terletak di Desa Cibiru Wetan. Hal ini belum begitu umum ditemukan apalagi diminati, sebab pada dasarnya usia lanjut mengalami penurunan baik dari segi jasmani maupun daya ingatnya. Namun, di balik semangatnya masyarakat, ada seorang kiai yang melaksanakan aktifitas dakwahnya dan memiliki peran sebagaibsuri tauladan di masyarakat serta mampu memotivasi dan menginspirasi mereka untuk tetap berpartisipasi mengikuti program yang diselenggarakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepemimpinan Kiai Iwan Hermawan dalam meningkatkan motivasi jemaah. Terdapat beberapa peranan yang telah dijalankan pemimpin: pertama, peranan interpersonal yaitu peran sebagai tokoh, pemimpin dan penghubung. Kedua, peranan informational yaitu peran sebagai pemonitor, pembagi informasi dan juru bicara. Ketiga, peranan decision making. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu teori Henry Mintbergz (2009) yang mengemukakan bahwa terdapat tiga peran yang harus dimainkan oleh seorang pemimpin yaitu peranan interpersonal, peranan informational dan peranan decision making. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam proses pengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, display data, dan verifikasi atau pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Kiai Iwan Hermawan dalam meningkatkan motivasi dijalankan dengan baik. Terdapat tiga peran yang telah dilaksanakan:1) Peranan interpersonal, tokoh menjadi figur yang baik dengan gaya karismatiknya, pemimpin memberikan motivasi dengan prinsip egaliternya, penghubung dengan menghubungkan beberapa pihak dengan prinsip partisipatif. 2) Peranan informational, monitor dengan cara khas, pembagi informasi dengan menyampaikan informasi berdasarkan dua jenis informasi, dan juru bicara dengan menyampaikan materi.3) Peranan decision making atau pengambilan keputusan dilakukan dengan cara musyawarah bersama dengan prinsip egaliter.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: peran; kepemimpinan; motivasi; majelis taklim.
Subjects: Analytical Chemistry
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Neni Nurhayati
Date Deposited: 17 Jul 2023 00:52
Last Modified: 17 Jul 2023 00:52
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71188

Actions (login required)

View Item View Item