Analisis jual beli rokok dalam perspektif hukum ekonomi syariah : Studi kasus jual beli rokok di Jalan Manisi Kelurahan Cipadung Kecamatan Cibiru Kota Bandung

Nurlaila, Nurlaila (2023) Analisis jual beli rokok dalam perspektif hukum ekonomi syariah : Studi kasus jual beli rokok di Jalan Manisi Kelurahan Cipadung Kecamatan Cibiru Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (487kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy

Abstract

Masyarakat mengakui bahwa industri rokok telah memberikan manfaat ekonomi dan sosial yang cukup besar. Industri rokok juga telah memberikan pendapatan yang cukup besar bagi negara, bahkan tembakau sebagai bahan baku rokok telah menjadi tumpuan ekonomi bagi sebagian petani. Namun di sisi lain, merokok dapat membahayakan kesehatan serta berpotensi terjadinya pemborosan (israf) dan merupakan tindakan tabdzir. Mengingat kasus ini masih baru dan belum adanya ketetapan dari fukaha maka terjadilah perbedaan pendapat dalam menentukan hukum rokok. Pada dasarnya tidak ada dalil yang secara spesifik menyinggung masalah hukum rokok, baik dalam nas-nas Al-Qur‟an maupun Hadis Rasulullah. Oleh karena itu, pembahasan tentang hukum jual beli rokok menjadi perbincangan yang kontroversial. Berangkat dari permasalahan tersebut, adapun tujuan yang ingin dicapai penulis adalah untuk mengetahui praktik jual beli rokok di Jalan Manisi Kelurahan Cipadung Kecamatan Cibiru Kota Bandung, dan untuk mengetahui jual beli rokok dalam perspektif hukum ekonomi syariah. Penelitian ini merupakan hasil penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan mengumpulkan sumber data primer dan sekunder.Kemudian sumber data yang diperoleh di lapangan dihubungkan dengan teori-teori hukum ekonomi Syariah yang berkaitan dengan konsep transaksi jual beli rokok,kemudian ditarik kesimpulan.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa praktik jual beli rokok di Jalan Manisi Kelurahan Cipadung Kecamatan Cibiru Kota Bandung sudah sesuai dengan syarat sahnya jual beli yaitu ada penjual, pembeli, objek jual beli, dan ijab qabul (kesepakatan) serta ada kerelaan diantara kedua belah pihak. Jual beli dalam perspektif hukum ekonomi syariah mengenai penjualan rokok dapat disimpulkan bahwa hukum menjual rokok adalah boleh. Dan mengenai pembelian rokok dapat disimpulkan bahwa hukum membeli rokok secara umum adalah makruh.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Muamalah; Jual Beli; Hukum Rokok
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Social Welfare, Problems and Services > Tobacco Problems
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Nur Laila
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:34
Last Modified: 17 Jul 2023 03:34
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71211

Actions (login required)

View Item View Item