Kegiatan Citizen Journalism pada media sosial akun Instagram @info.baleendah : Studi fenomenologi kegiatan Citizen Journalism pada akun Instagram @info.baleendah

Sobari, Rian (2023) Kegiatan Citizen Journalism pada media sosial akun Instagram @info.baleendah : Studi fenomenologi kegiatan Citizen Journalism pada akun Instagram @info.baleendah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (931kB)

Abstract

Manusia ialah makhluk sosial yang setiap waktu membutuhkan informasi. Pesatnya dunia informasi dan komunikasi membuat munculnya berbagai media massa seperti media sosial yang telah membawa kehidupan baru dalam dunia manusia. Hal ini bersamaan dengan berkembangnya kehidupan jurnalis yang kian hari semakin ramai di tengah kehidupan manusia. Masyarakat yang selama ini dianggap seabagai kelompok media, sekarang bisa terjun dan bertindak langsung sebagai seorang jurnalis, citizen journalism. Beberapa hal yang melandasi penelitian ini yakni bertujuan untuk mengetahui pengalaman citizen journalism media Info Baleendah dalam prosesnya mengumpulkan dan melaporkan berita pada instagram @info.baleendah. Selanjutnya, penelitian ini ingin mengetahui penyajian konten audio visual yang dilakukan oleh media Info baleendah sebagai wadah publikasi citizen journalism. Penelitian ini menggunakan teori fenomenologi yang dilihat dari pengalaman informan sebagai citizen journalism dan melihat pandangan dari Shayne Bowman dan Chris Wilis mengenai citizen journalism. Teori Fenomenologi memaknai bahwa kegiatan citizen journalism tidak berdasarkan dunia pribadinya tetapi juga makna yang terkandung bagi masyarakat lainnya. Sehingga penelitian ini menelusuri pemahaman dan pengalaman kegiatan citizen journalism dalam prosesnya mengumpulkan dan melaporkan berita serta penyajian konten audio visual Instagram yang dijadikan oleh citizen journalism sebagai wadah publikasi. Metode penelitian yang digunakan dengan metode penelitian kualtitatif. Data hasil penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Kemudian dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi guna mempertajam pandangan penulis dalam pengambilan keputusan dan memecahkan masalah. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam proses pengumpulan berita citizen journalism terencana dengan baik dan keaktifan dari pelakunya membuktikan bahwa berita yang dikumpulkan pada media tersebut kredibel dan akurat. Kedua dalam proses pelaporan berita, prosedur yang dilakukan tidak instan dan hasil pelaporannya mendapat respon positif dari pihak media Info Baleendah. Terakhir dalam proses penyajian konten audio visual pemberitaan yang disajikan, telah memenuhi kode etik jurnalistik dalam proses publikasinya dan keaktualitasan berita yang selalu dijaga dan ciri khas audio visual Instagram yang disajikan mendapatkan umpan balik positif dari masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Citizen Journalism; Fenomenologi; Media Info Baleendah
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Rian Sobari
Date Deposited: 17 Jul 2023 01:04
Last Modified: 17 Jul 2023 01:04
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71237

Actions (login required)

View Item View Item