Penggunaan media sosial TikTok oleh media online AyoBandung.com sebagai media berita

Fakhrana, Farahiya (2023) Penggunaan media sosial TikTok oleh media online AyoBandung.com sebagai media berita. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (344kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB) | Request a copy

Abstract

Beberapa tahun terakhir dengan adanya kemajuan tren saat ini menjadi lebih mudah untuk mendapatkan informasi melalui media internet atau media sosial, seperti TikTok. Karena TikTok sedang tren maka banyak perusahaan media berita menggunakan media sosial TikTok sebagai salah satu medium perluasan beritanya kepada khalayak atau yang bisa disebut sebagai remediasi. Tujuan dari penelitian ini yakni ingin mengetahui bagaimana AyoBandung.com menyeleksi berita, mengelola akun, dan strategi mempublikasi pada akun TikTok mereka. Dalam mengkaji aspek yang tertuang dalam tujuan penelitian diatas, penulis menggunakan Teori Remediasi. Selanjutnya, informasi yang diperoleh melalui beberapa Teknik pengumpulan data dideskripsikan secara sistematis berdasarkan data dan fakta yang ditemukan. Adapun jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan paradigma kontruktivis dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini, yakni observasi, wawancara, dan dokumen yang berkaitan dengan pembahasan penelitian. Penelitian ini menemukan bahwa secara keseluruhan ada tahap-tahap yang harus dilakukan oleh AyoBandung.com untuk melalukan remediasi media. Dari mulai proses penyeleksian berita untuk TikTok yang berasal dari website artikel AyoBandung sendiri, pengelolaan akun TikTok agar menarik dilihat oleh khalayak dengan cara menggunakan musik yang sedang tren. Pengeditan video yang menarik, dan bahasa yang digunakan infomatif, serta strategi publikasi yang dilakukan oleh AyoBandung.com adalah bekerjasama langsung dengan pihak TikTok Indonesia untuk mempromosikan akunnya agar muncul kedalam FYP (For Your Page)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Remediasi; TikTok AyoBanddung.com; Media Online
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Social Interaction, Interpersonal Relations > Content of Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Farahiya Fakhrana
Date Deposited: 17 Jul 2023 06:00
Last Modified: 17 Jul 2023 06:00
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71291

Actions (login required)

View Item View Item