Pengaruh Working Capital Turnover (WCTO) dan Sales Growth terhadap Net Profit Margin (NPM) pada Perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi PT. Mayora Indah Tbk. periode 2013-2022

Zakiyyah, Jihan Nur (2023) Pengaruh Working Capital Turnover (WCTO) dan Sales Growth terhadap Net Profit Margin (NPM) pada Perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi PT. Mayora Indah Tbk. periode 2013-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (213kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy

Abstract

Secara umum, tujuan utama sebuah perusahaan adalah untuk mendapatkan keuntungan sebanyak mungkin. Perusahaan bisa mendapatkan laba yang maksimal dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan meningkatkan penjualan atau dengan mengendalikan biaya operasional produk. Kegiatan operasional perusahaan menggunakan sebagian sumber daya yang dimiliki perusahaan sebagai modal kerja. Struktur modal sampai peningkatan aset perusahaan terutama aset lancar seperti kas, piutang dan persediaan sangat dipengaruhi oleh pertumbuhan penjualan. Perusahaan dengan penjualan yang relatif stabil akan lebih percaya diri dalam memperoleh lebih banyak laba bersih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh Working Capital Turnover (WCTO) secara parsial terhadap Net Profit Margin (NPM). 2) pengaruh Sales Growth secara parsial terhadap Net Profit Margin (NPM). 3) pengaruh Working Capital Turnover (WCTO) dan Sales Growth secara simultan terhadap Net Profit Margin (NPM) pada PT. Mayora Indah Tbk. periode 2013-2022. Kerangka pemikiran penelitian didasarkan pada teori yang menyatakan bahwa Working Capital Turnover (WCTO) dan Sales Growth berpengaruh positif terhadap Net Profit Margin (NPM) yang berarti, apabila nilai suatu Working Capital Turnover (WCTO) dan Sales Growth tinggi maka Net Profit Margin (NPM) yang didapat akan tinggi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data sekunder yang telah diaudit dan dipublikasikan milik PT. Mayora Indah Tbk. periode 2013-2022 yang dipublikasikan pada web https://www.mayoraindah.co.id. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier sederhana, analisis regresi berganda, analisis korelasi pearson product moment, koefisien determinasi, dan analisis hipotesis. Pengelolaan data uji parsial (uji t) dan uji signifikansi simultan (uji F). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, secara parsial Working Capital Turnover (WCTO) berpengaruh terhadap Net Profit Margin (NPM) dibuktikan dengan nilai thitung dan -ttabel yaitu -3,315 < -2,306 dengan nilai signifikansi 0,011 > 0,05. Secara parsial Sales Growth berpengaruh terhadap Net Profit Margin (NPM) dibuktikan dengan nilai thitung dan -ttabel yaitu -1,403 > -2,306 dengan nilai signifikansi 0,198 > 0,05. Secara simultan Working Capital Turnover (WCTO) dan Sales Growth berpengaruh terhadap Net Profit Margin (NPM) dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel 5,344 > 4,737.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Working Capital Turnover (WCTO) ; Sales Growth; dan Net Profit Margin (NPM).
Subjects: Econmics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Jihan Nur Zakiyyah
Date Deposited: 17 Jul 2023 07:28
Last Modified: 17 Jul 2023 07:28
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71304

Actions (login required)

View Item View Item