Pengaruh bimbingan kelompok dengan pendekatan Eco Art terhadap kecerdasan emosional siswa : Penelitian pada siswa kelas XI MAN 2 Bandung Jln. Sastra No. 21 C, Solokanjeruk, Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Nuraeni, Meti (2023) Pengaruh bimbingan kelompok dengan pendekatan Eco Art terhadap kecerdasan emosional siswa : Penelitian pada siswa kelas XI MAN 2 Bandung Jln. Sastra No. 21 C, Solokanjeruk, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunug Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan siswa yang terdapat di MAN 2 Bandung meliputi: malas mengerjakan tugas yang berakibat pada nilai akademik yang tidak memuaskan dan menjadi penghambat dalam memasuki perguruan tinggi, perilaku kasar terhadap teman karena tidak bisa mengontrol emosi, melanggar peraturan sekolah, dan banyak siswa yang kurang mampu menyelesaikan permasalahan sendiri yang berakibat pada perilaku agresif atau pun individualis. Semua permasalahan tersebut salah satu penyebabnya karena kecerdasan emosional yang rendah. Oleh karena itu, agar kecerdasan emosional siswa meningkat maka dilakukan upaya penanggulangan melalui bimbingan kelompok dengan pendekatan eco art. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk: 1) Menganalisis bagaimana bimbingan kelompok dengan pendekatan eco art di MAN 2 Bandung, 2) Menganalisis bagaimana kondisi kecerdasan emosional siswa MAN 2 Bandung, dan 3) Menganalisis pengaruh bimbingan kelompok dengan pendekatan eco art terhadap kecerdasan emosional siswa. Penelitian ini merujuk pada teori Pike (dalam Kulsum, 2022: 16) yang mengungkapkan bahwa melalui penggunaan bahan dan pengaturan seni alami, proses kreatif dan karya seni yang dihasilkan yakni untuk meningkatkan kesehatan mental, fisik dan emosional. Sejalan dengan pendapat Goleman (dalam Lutfiani, 2017: 18) yang mengungkapkan bahwa kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang mengatur kehidupan emosinya dengan intelegensinya, menjaga keselarasan emosi dan pengungkapannya, melalui keterampilan kesadaran diri, pengendalian diri, empati dan keterampilan sosial. Dinamika kelompok juga dapat dimanfaatkan untuk pemecahan masalah pribadi melalui interaksi yang terjadi dalam dinamika kelompok yang dibangun (Prayitno, et al., 2017: 36). Metode yang digunakan ialah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi dan penyebaran kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 40 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bimbingan kelompok dengan pendekatan eco art di MAN 2 Bandung tergolong baik karena berada pada interval 77% dan kondisi kecerdasan emosional siswa kelas XI IPA yang mendapatkan perlakuan bimibngan kelompok dengan pendekatan eco art tergolong baik karena berada pada interval 79%. Sedangkan hasil analisis regresi linear membuktikan bahwa uji hipotesis menunjukkan nilai sig (0,000) < dari alpha (0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima. Artinya, bimbingan kelompok dengan pendekatan eco art berpengaruh terhadap kecerdasan emosional siswa. Besaran pengaruhnya terlihat dari nilai beta yaitu 0,894. Dengan demikian terbukti bahwa bimbingan kelompok dengan pendekatan eco art berpengaruh terhadap kecerdasan emosional siswa sebesar 0,894 atau 89,4%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok; Eco Art; Kecerdasan emosional;
Subjects: Conscious Mental Process and Intelligence
Conscious Mental Process and Intelligence > Intelligence and Aptitudes
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Education, Research of Arts
Decorative Arts
Decorative Arts > Other Decorative Arts
Decorative Arts > Floral Arts
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Meti Nuraeni
Date Deposited: 18 Jul 2023 01:12
Last Modified: 18 Jul 2023 01:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71305

Actions (login required)

View Item View Item