Persepsi mahasiswa Jurnalistik mengenai kredibilitas Presenter Andy Flores Noya : Studi deskriptif kualitatif pada mahasiswa Jurnalistik UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2020

Janitra, Devarra Hisyam (2023) Persepsi mahasiswa Jurnalistik mengenai kredibilitas Presenter Andy Flores Noya : Studi deskriptif kualitatif pada mahasiswa Jurnalistik UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)

Abstract

Presenter TV dituntut tampil memukau dihadapan narasumber maupun pemirsa yang menonton untuk menunjang kelancaran acara yang berlangsung. Didukung dengan kemampuan komunikasi yang baik. Presenter yang memiliki kemampuan komunikasi yang mumpuni akan menghasilkan kredibilitas yang baik bagi seorang presenter. Penelitian ini menggunakan objek penelitian mahasiswa jurusan Jurnalistik UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kredibilitas presenter Andy Flores Noya dari aspek Kepercayaan, Keahlian dan Kedinamisan. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini yaitu konsep kredibilitas sumber jalaludin Rahmat yaitu seorang komunikator akan dianggap cakap apabila memenuhi aspek kepercayaan dan keahlian. Adapun pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan untuk menjabarkan jawaban dari fokus penelitian secara deskriptif. Maka metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif, dimana nantinya hasil dari penelitian akan dijabarkan secara keseluruhan untuk memperjelas topik penelitian yang saling berkaitan. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa Mahasiswa Jurnalistik UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2020 menilai Andy Flores Noya sebagai presenter sudah memenuhi poin-poin yang ada pada aspek kepercayaan ini. Sebagai presenter, Andy dinilai memiliki kemampuan menjalin pendekatan, mempengaruhi khalayak, dan menanggapi jawaban narasumber yang baik. Pada aspek Keahlian rekam jejak dan prestasi yang Andy miliki sangat luar biasa dan dapat dilihat dari keefektifan komunikasi yang dilakukannya. Pada aspek penguasaan, Andy Flores Noya dinilai mampu menguasai keahlian membangun, mengendalikan, dan memandu sebuah acara yang dapat dilihat ketika menghadapi narasumber dengan pemikiran kritis dan pengaruh komunikasi yang dilakukannya terhadap narasumber sedangkan pada aspek kedinamisan, kedinamisan Andy Flores Noya sebagai presenter yang terbagi ke dalam tiga dimensi yaitu gairah, aktif, dan berani. Hasil yang didapat menunjukkan bahwa mahasiswa jurnalistik angkatan 2020 mempresepsikan Andy sudah memenuhi aspek dinamis dalam berkomunikasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Mahasiswa; Kredibilitas Presenter; Keterampilan Komunikasi
Subjects: Conscious Mental Process and Intelligence > Communication Psychology
Conscious Mental Process and Intelligence > Perceptual Process
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Nonverbal Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Verbal Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Devarra Hisyam Janitra
Date Deposited: 18 Jul 2023 01:05
Last Modified: 18 Jul 2023 01:05
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71373

Actions (login required)

View Item View Item