Rufaidah, Fitri (2023) Persepsi pengelola media tentang Clickbait : Studi deskriptif pada media Online di Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
cover.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (280kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) |
Abstract
Dengan adanya perkembangan teknologi saat ini menyebabkan munculnya industri-industri media baru. Untuk mempertahankan medianya, setiap perusahaan media membutuhkan strategi, dimana setiap pengelola media harus mempunyai cara agar mempertahankan medianya dan tetap eksis, salah satunya dengan Fenomena clickbait yang banyak digunakan saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pengelola media terkait fenomena clickbait. Dengan adanya persaingan industri sekarang, setiap media harus mempertahankan medianya agar tetap terlihat, serta menyajikan berita secara cepat serta mendapatkan jumlah pembaca yang banyak. Dengan begitu banyak media yang menerapkan clickbait untuk menarik pembaca. Oleh karena itu peneliti ingin tau persepsi pengelola media mengenai clickbait di media online Teori yang digunakan dalam penilitian ini yaitu teori fenomenologi oleh Alfred Schutz. Fenomenologi mempelajari bagaimana fenomena kejadian yang dirasakanatas dasar kesadaran dalam fikiran, dan tindakan. Manusia secara aktif menjelaskan pengalamannya, dengan begitu mereka dapat memahami lingkungannya lewat pengalaman langsung di lingkungannya. Sehingga dapat dikatakan bahwa fenomenologi lebih memfokuskan pada penekanan persepsi melalui pengetahuan, pengalaman, dan juga pemahaman individu manusia Adapun pendekatan pada penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif untuk menjabarkan jawaban dari fokus penelitian secara deskriptif. Maka metode yang digunakan pada penelitian ini pun metode deskriptif, di mana nantinya hasil dari penelitian akan dijabarkan secara keseluruhan untuk memperjelas topik penelitian yang saling berkaitan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga informan sependapat mengenai pengetahuan bahwa clickbait umpak klik yang bertujuan untuk menarik perhatian pembaca namun isi dengan judulnya tidak sesuai. Pengalaman mengenai penerapan clickbait dari ketiga informan berbeda dimana media ANTARA Biro Jabar tidak pernah sama sekali menerapkan clickbait, media Ayo Bandung pernah menerapkan clickbait, kejadian tersebut disebutnya dengan istilah “kecelakaan” sedangkan media Halo Jabar pernah dan masih menerapkan clickbait hingga saat ini. Pemahaman ketiga informan memahami bahwa clickbait ini ada hubungannya dengan persaingan bisnis media.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi; Clickbait; Media Online |
Subjects: | Sensory Perception, Movement, Emotions, Physiological Drives > Sensory Perception Conscious Mental Process and Intelligence > Communication Psychology Conscious Mental Process and Intelligence > Perceptual Process Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik |
Depositing User: | Fitri Rufaidah Rufaidah |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 05:56 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 05:56 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71376 |
Actions (login required)
View Item |