Manajemen strategi pondok pesantren dalam optimalisasi kegiatan muhadhoroh santri: Penelitian deskriptif di pondok pesantren Bayt Ar-Rahman Kec. Bantargebang Kota Bekasi

Fitria, Khoirul (2023) Manajemen strategi pondok pesantren dalam optimalisasi kegiatan muhadhoroh santri: Penelitian deskriptif di pondok pesantren Bayt Ar-Rahman Kec. Bantargebang Kota Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1-1.pdf

Download (590kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (918kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB) | Request a copy

Abstract

Pondok Pesantren Bayt Ar-Rahman sendiri salah satu lembaga pendidikan islam yang berciri khas modern, dimana pondok pesantren ini memiliki beberapa program pembelajaran, diantaranya menghafal Al-Qur’an, mengkaji kitab-kitab klasik dan juga pondok pesantren ini memiliki kegiatan yang dinamakan Muhadhoroh, di dalam kegiatan Muhadhoroh tersebut tidak hanya berisi latihan berceramah saja, tetapi terdapat pelatihan master of ceremony (MC), tilawatil Al-Qur’an, barzanji dan storytelling. Tujuan penelitian di Pondok Pesantren Bayt Ar-Rahman adalah untuk mengetahui strategi yang digunakan Pondok Pesantren dalam optimalisasi kegiatan muhadhoroh santri sehingga bisa menghasilkan santri yang berkualitas dan melahirkan generasi pendakwah untuk menyebarkan ajaran islam. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori manajemen strategi Crown Dirgantoro, yaitu tahap-tahap manajemen strategi terdiri Formulasi Strategi, Implementasi Strategi dan Evaluasi Strategi. Metode penelitian dalam skripsi ini peneliti menggunakan metode deskriptif, sehingga penulis hanya menggambarkan apa adanya dilapangan secara sistematis. Adapun cara pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan, maka diperoleh hasil bahwa manajemen strategi Pondok Pesantren Bayt Ar-Rahman dalam optimalisasi kegiatan muhadhoroh santri melalui yaitu: terdapat beberapa penyebab kurang optimalnya kegiatan muhadhoroh santri di Pondok Pesantren Bayt Ar-Rahman seperti, jadwal yang kurang efektif untuk mengembangkan potensi santri yaitu sekali dalam sebulan, namun meski begitu, pondok pesantren tetap melaksan tiga tahapan manajemen strategi dalam upaya mengoptimalkan kegiatan muhadhoroh santri di Pondok Pesantren Bayt Ar-Rahman, yaitu: 1) Formulasi Strategi yang meliputi pengembangan visi misi dalam optimalisasi kegiatan muhadhoroh santri, tes dan penyeleksian calon santri dengan Baca Tulis Al-Qur’an, Hafalan Ayat-ayat tentang dakwah dan tes pidato di depan ustadz, setelah itu pembagian kelompok muhadhoroh muhadhoroh yang dibagi menjadi empat kelompok (Abu Bakar Assidiq, Umar Bin Khattab, Usman Bin Affan dan Ali Bin Abi Thalib), 2) implementasi strategi, menentukan kebijakan terhadap pelaksanaan muhadhoroh dan metode yang digunakan untuk muhadhoroh dan pelaksanaan muhadhoroh, 3) evaluasi yang diterapkan di pondok pesantren ini dilaksanakan pada rapat triwulan yang membahas mengenai program yang sudah dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pondok Pesantren; Muhadhoroh; Manajemen Strategi
Subjects: Islam > Da'wah
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
General Management
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Khoirul Fitria
Date Deposited: 20 Jul 2023 01:14
Last Modified: 20 Jul 2023 01:14
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71558

Actions (login required)

View Item View Item