Aji, Nandang Rizki (2017) Pengaruh Brand Community terhadap loyalitas: Studi pada komunitas merek Yamaha Vixion Club Indonesia Cimahi Chapter. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (691kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (531kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (355kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (784kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (382kB) |
Abstract
Merek mempunyai peranan penting dan merupakan aset terbesar bagi perusahaan, agar merek produk dapat bertahan lama dalam kondisi pasar yang semakin kompetitif dan keluar sebagai pemenang dibutuhkan konsumen yang memiliki loyalitas merek yang tinggi. Salah satu yang faktor mempengaruhi Loyalitas Merek yaitu adanya Brand Community (Komunitas Merek) yang terdiri dari Kesadaran Bersama, Ritual dan Tradisi, dan Rasa Tanggung Jawab Moral. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kesadaran Bersama, Ritual dan Tradisi serta Rasa Tanggung Jawab Moral terhadap loyalitas merek pada komunitas motor Yamaha Vixion Club Indonesia Cimahi Chapter secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota komunitas Yamaha Vixion Club Indonesia Cimahi Chapter yang berjumlah 80 Orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan kuesioner . Metode analisis yang digunakan adalah Uji Validitas, Uji Reabilitas, Analisis Regresi Berganda, Uji Signifikan Individual/Uji Parsial (Uji-T), Uji Signifikan Simultan/Uji Serentak (Uji-F) Koefisien Determinan (R2), dan dalam pengujian hipotesis menggunakan SPSS 19 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial variabel Kesadaran Bersama (X1) berpengaruh terhadap Loyalitas Merek karena thitung 2.432 > ttabel 1.665. Variabel Ritual dan Tradisi (X2) berpengaruh terhadap Loyalitas Merek karena thitung 2,032 > ttabel 1.665 dan variabel Rasa Tanggung Jawab Moral berpengaruh terhadap Loyalitas Merek karena thitung 2,111 > ttabel 1.665. Berdasarkan hasil penelitian bahwa variabel Brand Community (Kesadaran Bersama, Ritual dan Tradisi, dan Rasa Tanggung Jawab Moral) secara simultan signifikan berpengaruh terhadap Loyalitas Merek dengan jumlah fhitung 30.555 dan ftabel 2,72 sehingga fhitung > ftabel.. Berdasarkan Koefisien Determinasi menunjukan bahwa R² sebesar 0.547 x 100% = 54,7% artinya pengaruh variabel Brand Community (Kesadaran Bersama, Ritual dan Tradisi, dan Rasa Tanggung Jawab Moral) secara simultan signifikan berpengaruh terhadap Loyalitas Merek tigkat sedang, sedangkan sisanya 45,3% ditentukan oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Brand Community; Kesadaran Bersama; Ritual dan Tradisi; Rasa Tanggung Jawab Moral; Loyalitas Merek |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities General Management General Management > Marketing, Management of Distribution |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | SE sarah sarah |
Date Deposited: | 09 Apr 2018 07:37 |
Last Modified: | 09 Apr 2018 07:37 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/7158 |
Actions (login required)
View Item |