Layanan bimbingan kelompok melalui pendekatan behavioral untuk meningkatkan kedisiplinan belajar pada siswa kelas X Teknik Otomotif A: Penelitian pada siswa kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Pasundan 2 Kota Bandung

Fauzany, Daniar Yustia (2023) Layanan bimbingan kelompok melalui pendekatan behavioral untuk meningkatkan kedisiplinan belajar pada siswa kelas X Teknik Otomotif A: Penelitian pada siswa kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Pasundan 2 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (586kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (702kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya tingkat kedisiplinan peserta didik kelas X Teknik Otomotif A di SMK Pasundan 2 Bandung, seperti terlambat datang ke sekolah, bolos sekolah, main game saat belajar, keluar saat jam mata pelajaran berlangsung, dan siswa sering berkata kasar. Masalah tersebut dapat menimbulkan hambatan besar pada bidang belajar siswa, karir, dan kehidupan sosialnya. Maka dari itu, dalam penelitian ini menggunakan pendekatan behavioral untuk meningkatkan kedisiplinan belajar pada siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memperoleh gambaran yang jelas mengenai kondisi kedisiplinan belajar pada siswa kelas X Teknik Otomotif A SMK Pasundan 2 Bandung Tahun 2023, untuk mengetahui proses layanan bimbingan kelompok melalui pendekatan behavioral untuk meningkatkan kedisiplinan belajar pada siswa kelas X Teknik Otomotif A SMK Pasundan 2 Bandung Tahun 2023, dan untuk mengetahui hasil proses layanan bimbingan kelompok melalui pendekatan behavioral untuk meningkatkan kedisiplinan belajar pada siswa kelas X Teknik Otomotif A SMK Pasundan 2 Bandung Tahun 2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode fenomenologis yaitu agar dapat menggambarkan dan menjelaskan masalah-masalah yang ada dengan fakta-fakta temuan secara jelas dan alamiah di SMK Pasundan 2 Bandung yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan observasi pada saat penelitian. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu bimbingan kelompok, teori behavioral, dan disiplin belajar. Bimbingan kelompok merupakan kegiatan bimbingan yang dilakukan secara berkelompok yang menimbulkan interaksi antar anggota kelompoknya dengan saling mengeluarkan pendapat, saran dan tanggapan untuk mencapai tujuan bersama. Berikutnya teori behavioral memandang bahwa seluruh tingkah laku manusia, termasuk tingkah laku bermasalah, didapat dengan cara belajar dan untuk mengubahnya juga dilakukan dengan menerapkan prinsip-prinsip belajar. Selanjutnya disiplin belajar merupakan sikap yang harus dimiliki oleh setiap siswa agar dapat terciptanya kesadaran diri dalam belajar dengan mengikuti ketaatan dan kepatuhan kepada tata tertib yang ada untuk mencapai tujuan belajar sesuai dengan keinginan sendiri. Hasil dan simpulan dari penelitian ini yaitu siswa kelas X Teknik Otomotif A mengikuti kegiatan ini dengan sangat antusias sehingga hasil dari proses layanan bimbingan kelompok melalui pendekatan behavioral mengalami perubahan yang signifikan yang mana siswa kelas X Teknik Otomotif A dalam kedisiplinan belajarnya meningkat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan kelompok; Pendekatan Behavioral; Disiplin; Peserta didik
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Daniar Yustia Fauzany
Date Deposited: 20 Jul 2023 07:01
Last Modified: 20 Jul 2023 08:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71604

Actions (login required)

View Item View Item