Home Industry Rajut dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat pada masa pandemi Covid-19 : Studi deskriptif komunitas Kampoeng Radjoet Binong Jati, Kelurahan Binong, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung

Mulyani, Dini (2023) Home Industry Rajut dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat pada masa pandemi Covid-19 : Studi deskriptif komunitas Kampoeng Radjoet Binong Jati, Kelurahan Binong, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (404kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (926kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini bermula dari munculnya wabah COVID-19 di Indonesia yang berdampak terhadap sektor ekonomi terutama pada sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Sejak pandemi COVID-19 UMKM memiliki tingkat kerentanan yang paling tinggi. Hal itu pun terjadi pada home industry rajut Binong Jati yang mengalami penurunan. Sejak Pandemi home industry rajut Binong Jati mengalami penurunan omset sekita 50%. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) kegiatan home industry rajut Binong Jati pada masa pandemi COVID-19 (2) strategi Komunitas Kampoeng Radjoet pada home industry rajut Binong Jati dalam meningkatkan usaha kerajinan rajut pada masa pandemi COVID-19 (3) dan hasil pencapaian yang telah dilakukan Komunitas Kampoeng Radjoet dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat sebagai upaya mencapai kemandirian serta berdaya pada masa pandemi COVID-19. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pemberdayaan dari Ambar Teguh Sulistiyani. Menurut Ambar mengungkapkan bahwa teori pemberdayaan adalah suatu proses untuk mendapatkan kemampuan dari seseorang yang mempunyai daya yang diberikan kepada orang lain atau masyarakat belum atau sedikit berdaya. Jenis Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tahapan pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan tahap dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi yang dilakukan Komunitas Kampoeng Radjoet pada home industry rajut pada masa pandemi COVID-19 sebagai berikut: pertama, meningkatkan digital marketing. Kedua, kerjasama dengan Universitas Perguruan Tinggi. Ketiga, kerjasama dengan Pemerintah. Keempat, inovasi produk. Dari empat strategi tersebut, maka dapat diketahui hasil pencapaian dari pemberdayaan home industry rajut, yakni menciptakan kesejahteraan masyarakat. menjadi lebih produktif, membuka lapangan pekerjaan, membantu anak yatim, dhuafa, dan perbaikan infrastruktur, serta membantu ekonomi masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Home Industry; Pemberdayaan Ekonomi; Masyarakat; Pandemi Covid-19
Subjects: Production, Industrial Economics
Production, Industrial Economics > Other Extractive Industries
Production, Industrial Economics > International Economic Development In Specific Localities
Production, Industrial Economics > International Economic Development In Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Dini Mulyani
Date Deposited: 20 Jul 2023 04:14
Last Modified: 20 Jul 2023 04:14
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71617

Actions (login required)

View Item View Item