Perspektif mahasiswa mengenai Media Daring (Online) Detik.com : Studi fenomenologi pada mahasiswa Jurnalistik UIN Sunan Gunung Djati angkatan 2019

Sobari, Ira Lestari (2023) Perspektif mahasiswa mengenai Media Daring (Online) Detik.com : Studi fenomenologi pada mahasiswa Jurnalistik UIN Sunan Gunung Djati angkatan 2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (790kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan media daring kini digandrungi oleh berbagai lapisan masyarakat, termasuk kalangan mahasiswa. Para mahasiswa sering sekali mengkases media daring karena membutuhkan informasi. Keberagaman informasi tersebut dapat diakses melalui situs web. Salah satunya melalui situs web Detik.com yang menyajikan dan mengomunikasikan pesan atau berita dalam hitungan yang sangat cepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemahaman, pemaknaan dan pengalaman mahasiswa jurnalitik mengenai media daring (online) Detik.com. Metode yang digunakan dalam alfred penelitian ini kualitatif deskriptif dengan studi fenomenologi. Metode ini digunakan karena peneliti ingin mendeskripsikan keadaan yang akan diamati di lapangan dengan lebih spesifik, transparan dan mendalam. Teori yang digunakan pada penelitian ini teori fenomenologi Alfred Schutz(1899-1959), penelitian ini akan menelusuri pengalaman setiap mahasiswa yang mengakses Detik.com. Diharapkan dari penelitian ini mendapatkan gambaran mengenai bagaimana pemahaman tentang media daring (online) Detik.com. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman media daring juga dapat diartikan sebagai sarana komunikasi online. Berita dipublikasikan melalui pemanfaatan media sosial oleh media daring. Pemaknaan bahwa Detik.com adalah salah satu situs berita terbesar di Indonesia yang menawarkan berita terkini termasuk konten video dan gambar tentang berbagai topik. Kemudian, pengalaman mahasiswa jurnalistik merasakan kesempatan memperoleh informasi secara cepat dalam berbagai berita. Penelitian yang diperoleh terkait dengan fenomenologi mahasiswa jurnalistik mengenai media daring Detik.com ini, dapat disimpulkan salah satu platform informasi yang dapat diakses secara 33online adalah media daring. Media online tidak mulai muncul tanpa adanya kemajuan teknologi yang memudahkan masyarakat untuk mengaksesnya karena menawarkan konsep yang cepat dan dapat diakses dimana saja. Guna pemamfaatan Detik.com dalam mencari informasi atau berita terbaru.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pespektif; Mahasiswa; Media Daring;
Subjects: Data Processing, Computer Science > Internet (World Wide Web)
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Ira Lestari Sobari
Date Deposited: 20 Jul 2023 07:36
Last Modified: 20 Jul 2023 07:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71626

Actions (login required)

View Item View Item