Fungsi pelayanan prima Masjid dalam meningkatkan kuantitas jamaah : Studi deskriptif di Masjid Besar Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung

Pahmarwah, Novi (2023) Fungsi pelayanan prima Masjid dalam meningkatkan kuantitas jamaah : Studi deskriptif di Masjid Besar Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (281kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (710kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy

Abstract

Masjid merupakan sebuah bangunan yang memiki fungsi sebagai tempat bagi umat Islam untuk beribadah kepada Allah SWT. Umat Islam diperintahkan oleh Allah untuk dapat memakmurkan masjid dengan cara selalu datang ke masjid untuk shalat, mengaji, ataupun mencari ilmu disana. Masjid Besar Ciparay merupakan salah satu masjid yang termasuk kedalam masjid besar, Masjid Besar Ciparay berupaya untuk dapat memakmurkan masjid dengan upaya meningkatkan kuantitas jamaah melalui program kegiatan yang ada dan fasilitias yang tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi pelayanan prima masjid dalam meningkatkan kuantitas jamaah oleh pengurus dan petugas Masjid Besar Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Gronroos 1984 yang menyatakan bahwa dalam pelayanan prima itu memiliki tiga dimensi utama, yaitu interaksi pelanggan, pelaksanaan pelayanan, lingkungan fisik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi secara langsung ke tempat penelitian, wawancara langsung dengan informan terkait serta mengambil beberapa dokumentasi mengenai segala sesuatu yang berkaitan dengan fungsi pelayanan prima masjid dalam meningkatkan kuantitas jamaah di Masjid Besar Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Pada tahap pertama pelayanan yang dilakukan oleh pengurus Masjid Besar Ciparay dengan cara interaksi antara pengurus terhadap jamaah dengan berbagai cara salah satunya salam, senyum,sapa, sopan, santun. Serta memanfaatkan media sosial untuk menjangkau jamaah yang jauh. 2) Pada tahap kedua adalah pelaksanaan pelayanan terhadap jamaah dengan menyelenggarakan program-program kegiatan berupa pengajian rutin, tilawatil quran, tabligh akbar yang dapat menarik perhatian jamaah agar dapat hadir mengikuti rangkaian kegiatan yang ada, selain itu pengurus masjid juga menerapkan beberapa konsep pelayanan prima yaitu ability, attitude, appearance, action, attention, accountability. 3) Pada tahap terakhir ada lingkungan fisik dimana masjid menyediakan beberapa pelayanan berupa TK, MUI, BMT, PRISMA dan fasilitas seperti rest area, tempat parkir, cctv, pos satpam, taman untuk dapat menunjang pelayanan yang diharapkan bisa digunakan secara maksimal. Meskipun masih ada beberapa fasilitas yang ketersediaanya masih kurang dan terdapat beberapa hal yang menjadi bahan evaluasi bagi pengurus salah satunya kemanan yang perlu ditingkatkan lagi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Prima; Masjid; Kuantitas Jamaah.
Subjects: Parish Administration
Islam > Mosques
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Novi Pahmarwah
Date Deposited: 20 Jul 2023 06:19
Last Modified: 20 Jul 2023 06:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71640

Actions (login required)

View Item View Item