Tinjauan hukum jual beli terhadap jual beli makanan dengan sistem serok di live streaming tiktok : Studi kasus di toko diskon

Nurkamilah, Nurkamilah (2023) Tinjauan hukum jual beli terhadap jual beli makanan dengan sistem serok di live streaming tiktok : Studi kasus di toko diskon. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (405kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB) | Request a copy

Abstract

Jual beli serok makanan di live streaming Tiktok pada Toko Diskon merupakan salah satu bentuk promosi penjualan untuk menarik konsumen, yaitu dengan melakukan live streaming dan menyerok makanan secara acak. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pelaksanaan praktik jual beli serok makanan di live streaming Tiktok pada Toko Diskon, dan (2) untuk mengetahui bagaimana kesesuaian prinsip Hukum Ekonomi Syariah terhadap praktik jual beli serok makanan di live streaming Tiktok pada Toko Diskon. Kerangka pemikiran daalm penelitian ini yaitu teori tentang muamalah, teori jual beli dan teori tentang gharar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif yaitu memberikan gambaran dan menjelaskan mengenai pelaksanaan jual beli dengan sistem serok makanan di live streaming Tiktok pada Toko Diskon. Sumber penelitiannya dari buku-buku, dan karya ilmiah lainnya (skripsi, jurnal, artikel). Teknik pengumpulan datanya melalui studi kepustakaan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini terdapat dua kesimpulan. Pertama, proses akad jual beli yang terjadi di Toko Diskon ini yaitu pembeli tidak dapat memesan apa yang ia inginkan, karena barang dipilih oleh penjual secara random dengan cara diserok. Kedua, berdasarkan perspektif hukum jual beli, pelaksanaan jual beli dengan sistem serok makanan di live streaming Tiktok pada Toko Diskon telah menyalahi salah satu syarat dan rukun jual beli, karena dalam jual beli ini terdapat unsur ketidakjelasan harga yang didapat oleh pembeli, meskipun harga serok makanan sudah ditentukan namun barang yang dijual harganya beragam, sehingga menyebabkan timbulnya unsur gharar dalam jual beli.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Jual Beli; Serok Makanan; Hukum Jual Beli
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Hadits dan yang Berkaitan
Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Nurkamilah Nurkamilah
Date Deposited: 24 Jul 2023 01:22
Last Modified: 24 Jul 2023 01:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71644

Actions (login required)

View Item View Item