Manajemen mutu program dakwah pada Pondok Pesantren dalam meningkatkan kualitas santri : Studi deskriptip pada program Tarbiyatul Mubaligin di Pondok Pesantren Annur Malangbong kabupaten Garut

Rahmatulloh, Syahid Muhammad (2023) Manajemen mutu program dakwah pada Pondok Pesantren dalam meningkatkan kualitas santri : Studi deskriptip pada program Tarbiyatul Mubaligin di Pondok Pesantren Annur Malangbong kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi (1).pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (269kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan memiliki peran penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas manusia yang bermartabat. Tujuan Pendidikan Nasional adalah mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat. Pendidikan agama Islam, seperti halnya pondok pesantren, berperan penting dalam membangun sumber daya manusia di Indonesia. Manajemen mutu pada pondok pesantren dapat dijadikan strategi untuk mengantisipasi kecenderungan-kecenderungan yang mungkin akan berdampak terhadap sistem pendidikan. Peran manajemen mutu pada pondok pesantren sangat penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia. Dengan memastikan pendidikan agama Islam yang berkualitas dan berbasis akhlak, maka dapat menciptakan bangsa yang dikagumi dan menjadi kiblat bagi bangsa-bangsa lain karena perilakunya yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen mutu berikut (1) Perencanaan Mutu (2) Pengendalian Mutu (3) Pebaikan Mutu program dakwah di Pondok Pesantren dan dampaknya terhadap peningkatan kualitas santri. Metode peneltian yang digunakan yakni metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data di peroleh dari proses observasi meliputi wawancara dan studi dokumentasi terhadap Pondok Pesantren Annur malngbong kabupaten Garut Hasil penelitian menunjukkan pondok pesantren menerapkan manajemen mutu program dakwah secara terstruktur dan berhasil meningkatkan kualitas santri. Kendala yang dihadapi adalah keterbatasan sumber daya manusia dan dana, serta kurangnya partisipasi masyarakat. Disarankan untuk terus meningkatkan manajemen mutu program dakwah dan mengembangkan strategi yang lebih efektif. Diharapkan penelitian lebih lanjut mengenai pengaruh manajemen mutu program dakwah di pondok pesantren, lainnya. Dengan demikian dapat disimpulkan, Pondok Pesantren Annur Malangbong Kabupaten Garut telah menerapkan manajemen mutu dalam proses pelaksanaan. Hal ini bisa dilihat dari penerapan mutu, pengendalian mutu, perbaikan mutu yang di lakukan Pondok Pesantren Annur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Mutu; Program Dakwah; Pondok Pesantren; Kualitas Santri;
Subjects: General Management
General Management > Organizations
General Management > Control and Quality Management
General Management > Management Product Analysis
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: muhammad syahid rahmatulloh
Date Deposited: 24 Jul 2023 01:16
Last Modified: 24 Jul 2023 01:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71665

Actions (login required)

View Item View Item