Pengelolaan keuangan pemerintah di tengah Refocusing anggaran pada masa Covid-19 di Sekretariat Kementerian Koperasi dan UKM

Trisma, Albizzia Nadhira (2023) Pengelolaan keuangan pemerintah di tengah Refocusing anggaran pada masa Covid-19 di Sekretariat Kementerian Koperasi dan UKM. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (682kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (945kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (715kB) | Request a copy

Abstract

Wabah Covid-19 yang mewabah diseluruh negara juga berdampak kepada sektor pemerintahan. Dalam mengatasi Pandemi Covid-19 tersebut, pemerintah membuat berbagai regulasi yang salah satunya yaitu Instruksi Presiden No 4 Tahun 2020 mengenai arahan realokasi anggaran, dan refocusing kegiatan serta pengadaan barang dan jasa. Dengan adanya refocusing anggaran menyebabkan capaian IKPA Sekretariat Kementerian Koperasi dan UKM pada Tahun 2021 mengalami sedikit penurunan, sebesar 2,57%. Selain itu, penyesuaian pagu melalui refocusing dan tambahan anggaran juga menyebabkan beberapa kegiatan tertunda dan terjadi penyesuaian output sehingga Evaluasi Kinerja Anggaran menjadi tidak optimal. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai pengelolaan keuangan di tengah refocusing anggaran pada masa Covid-19 di Sekretariat Kementerian Koperasi dan UKM. Penelitian ini mengacu kepada teori menurut Sahya Anggara mengenai pengelolaan keuangan negara. Menurut (Anggara, 2016) terdapat 4 hal yang mempengaruhi pengelolaan keuangan, yaitu Perencanaan Keuangan, Pelaksanaan Keuangan, Pengawasan Keuangan,Pertanggungjawaban Keuangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualiatif dengan pendekatan deskriptif. Terdapat dua sumber data yang didapatkan, yaitu data primer yang didapatkan dari wawancara dengan informan dan observasi serta data sekunder. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data,dan penarikan kesimpulan. Adapun lokasi penelitian ini adalah Kementerian Koperasi dan UKM Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu pengelolaan keuangan di Sekretariat Kementerian Koperasi dan UKM ditengah refocusing anggaran pada masa Covid-19 sudah dilaksanakan dengan baik namun masih terdapat beberapa kendala yaitu terdapat tarik ulur anggaran yang menyebabkan terdapat perubahan pada pagu akhir sehingga harus dilakukannya revisi anggaran, masih terdapat indikator IKPA yang belum dilakukan dengan baik yaitu indikator capaian output, adanya keterbatasan SDM, terkadang pengajuan anggaran tidak sesuai dengan Standar Biaya Umum (SBU), terdapat aplikasi baru, dan kurangnya ketelitian pegawai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Refocusing Anggaran; Pengelolaan Keuangan; Sekretariat Kementerian Koperasi dan UKM
Subjects: Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Public Accounting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Albizzia Nadhira Trisma
Date Deposited: 21 Jul 2023 00:33
Last Modified: 21 Jul 2023 00:33
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71684

Actions (login required)

View Item View Item